Kamis, September 19

Jakarta

Netizen di aplikasi X beramai-ramai memberi saran nama tempat mie ayam yang menurut mereka paling enak di Jakarta. Di antaranya bisa ditemui di 5 tempat ini!

Selain bakso, mie ayam juga menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Setiap penjual mie ayam juga punya variasi penyajian yang berbeda. Ada yang pakai topping ayam kampung, ayam cincang kecap, disajikan dengan kuah kental, sedikit bumbu, dan lain sebagainya.

Meskipun penyajiannya berbeda, tetapi pada dasarnya hidangan ini terdiri dari mie kuning yang direbus dan disajikan dengan potongan atau cincangan daging ayam. Biasanya juga dilengkapi pangsit, sayuran, bakso, dan kuah kaldu di mangkuk terpisah.


Hidangan ini memang tampak sederhana, tetapi banyak dicari dan cocok dinikmati kapan saja, mulai dari sarapan, makan siang, hingga makan malam.

Penjual mie ayam pun bisa ditemukan dengan mudah di Jakarta, mulai dari mie ayam gerobakan kaki lima, warung, hingga restoran ternama. Namun, di antara banyaknya penjual, netizen di X beramai-ramai merekomendasikan mie ayam terenak di Jakarta versi mereka.

Diskusi ini dipicu dengan cuitan seorang netizen anonim melalui akun @txtdarikuliner (10/09/2024). Netizen yang sedang ngidam mie ayam ini meminta rekomendasi netizen lain mie ayam terenak di Jakarta.

“Spill mie ayam terenak di Jakarta dong!!! Lagi ngidam mie ayam ni,” ujar cuitannya.

Netizen di X membagikan rekomendasi mie ayam terenak di Jakarta. Foto: Pergikuliner.com / Instagram

Melihat unggahan tersebut, para netizen di aplikasi X satu per satu mulai membagikan rekomendasi mie ayam terenak di Jakarta versi mereka. Diantara beberapa pilihan, detikFood merangkum 5 tempat rekomendasi netizen X.

1. Bakmi Asui

Bakmi Asui disebut jadi salah satu yang terenak dan spesialnya pakai topping ayam kampung. Foto: Pergikuliner.com (Chris Chan)

Seorang netizen dengan nama akun @_nic****m_ merekomendasikan Bakmi Asui di cabang Cempaka Putih. Rupanya gerai mie ayam ini termasuk yang legendaris dan sudah terkenal di kalangan warga Jakarta.

Mie ayam di tempat ini spesial karena menggunakan topping ayam kampung dan telur muda yang melimpah. Selain itu, pelanggan juga bisa meminta topping tulang gratis.

Mienya dibuat sendiri atau homemade sehingga masih fresh. Tekstur mienya kenyal dan tebal. Racikan bumbu mie ayamnya juga terkenal enak karena minyaknya merata dan meresap ke seluruh mie. Punya rasa yang cenderung asin gurih.

Bakmi Asui punya beberapa pilihan mie ayam, mulai dari polos, ayam bakso, ayam jumbo, ayam spesial, hingga ayam spesial jumbo. Harga semangkuknya dibanderol mulai dari Rp 30.000 sampai Rp 90.000.

Selain di Cempaka Putih, cabangnya juga bisa ditemui di Tanjung Duren.

2. Mie Keriting Luwes

Mie Keriting Luwes juga banyak digemari karena enak dan porsinya memuaskan. Foto: Pergikuliner.com (Elsa Mutiara RR)

Netizen lain juga merekomendasikan tempat makan bakmi satu ini yang lokasinya dekat stasiun Sudirman. Menurutnya, makan mie ayam di tempat ini dijamin puas dan kenyang.

Mereka punya beberapa pilihan mie ayam, seperti mie ayam bakso pangsit, mie yamin bakso pangsit, mie daging sapi, dan mie jamur bakso pangsit.

Mie ayam di tempat ini terkenal punya porsi yang besar. Disajikan dengan mie yang bentuknya keriting kecil dan pipih. Toppingnya bisa dipilih sesuai selera.

Harganya dibanderol mulai dari Rp 25.000 per porsi. Kalau jam pulang kantor siap-siap antre ya!

3. Mie Ayam Cabe Uleg Rawamangun

Warga Rawamangun mungkin sudah tidak asing dengan mie ayam cabe uleg ini. Foto: Pergikuliner.com (Sillyoldbear.id)

“Mie ayam cabe uleg rawamangun di kayu jati,” ujar cuitan netizen @ttx***yy

Gerai mie ayam ini juga populer di Rawamangun dan sempat diliput oleh stasiun TV. Keunikan mie ayam di tempat ini jelas karena ulekan cabai yang bisa dipilih tingkat kepedasannya.

Setiap level akan menentukan banyaknya cabai yang akan di ulek di mangkuk. Tenang saja, tidak ada tambahan biaya sekalipun pesan level 10.

Jika memesan mie ayam cabe uleg, seporsinya akan disajikan dengan mie yang kenyal, kuah kaldu, dan ulekan cabai. Bisa juga ditambah dengan aneka topping, seperti telur puyuh, bakso, dan ceker.

Kalau tidak suka cabe bisa pesan mie yamin tanpa cabai sama sekali. Disajikan dengan bumbu kuning, ayam kecap, hingga sawi.

Penasaran dengan mie ayam terenak lainnya versi netizen X? Bisa dilihat pada halaman selanjutnya!

Membagikan
Exit mobile version