Rabu, Oktober 23


Jakarta

Deretan nama selebritas mendapatkan kursi anggota di gedung DPR RI. Ketika banyak selebritas mengincar Komisi X, ada juga deretan nama artis yang menempati kursi di luar Komisi X dalam masa tugas 2024-2029.

Dalam Komisi I yang menaungi ruang lingkup tugas di bidang pertahanan, luar negeri, dan informatika ada beberapa nama selebritas. Pada komisi yang diketuai oleh Utut Adianto ini ada nama Nurul Arifin dari partai Golkar, Nico Siahaan dari PDIP, Rachel Maryam dari Gerindra, dan Desy Ratnasari dari PAN.

Sedangkan di Komisi II yang dipimpin oleh Rifqinizamy Karsayuda, ada nama selebritas Dede Yusuf dari Demokrat. Bintang film Catatan Si Boy itu juga menjadi Wakil Ketua Komisi II.


Komisi II mempunyai ruang lingkup tugas di bidang pemerintahan dalam negeri, pertahanan dan pemberdayaan aparatur.

Nama public figure kembali terlihat di Komisi VI. Ada nama Rieke Diah Pitaloka. Bintang film Before, Now & Then yang tayang pada 2022 itu sudah memulai karier politiknya sejak 2009.


Selain dalam komisi yang diketuai oleh Anggia Erma Rini ini juga ada nama Mulan Jameela dari Gerindra dan Eko Hendro Purnomo dari PAN yang juga menjadi Wakil Ketua Komisi bareng Andre Rosiade serta Adisatrya Suryo Sulisto.

Komisi VI punya tugas di bidang perdagangan, kawasan perdagangan dan pengawasan persaingan usaha, dan BUMN.

Untuk Komisi VII yang lingkup tugasnya bidang perindustrian, UMKM, ekonomi kreatif, pariwisata, dan sarana publikasi, ada nama pesinetron Dina Lorenza Audria dari partai Demokrat.

Nama Pasha Ungu atau Sigit Purnomo, muncul dalam Komisi VIII. Komisi VIII bertugas menangani bidang agama, sosial, perempuan, dan anak.

Kemudian di Komisi IX ada nama Nafa Urbach dari NasDem, Surya Utama atau Uya Kuya dari PAN, dan Arzeti Bilbina dari PKB. Komisi IX mempunyai tugas dalam lingkup bidang kesehatan, ketenagakerjaan, dan jaminan sosial.

Primus Yustisio dari PAN dan Tommy Kurniawan dari PKB pada tugas DPR RI 2024-2029 masuk dalam Komisi XI. Komisi XI mempunyai tugas menangani bidang keuangan, perencanaan pembangunan nasional, moneter, dan sektor jasa keuangan.

Komisi XII baru ada pada masa jabatan DPR RI 2024-2025. Komisi ini membidangi ESDM, lingkungan hidup, dan investasi. Pada komisi baru ini ada dua nama selebritas, yakni Moreno Soeprapto dari Gerindra dan Iyeth Bustami dari PKB.

(pus/wes)

Membagikan
Exit mobile version