Senin, September 30

Jakarta

Qualcomm belum lama mengungkap jadwal perhelatan Snapdragon Summit 2024. Kini mencuat rumor soal handphone pertama pengusung chip yang dirilis dalam ajang tahunan tersebut.

Snapdragon Summit tahun ini bakal digelar 21 Oktober 2024. Pulai Maui, Hawaii kembali menjadi lokasi acaranya.

Menurut laporan, Qualcomm akan meluncurkan Snapdragon 8 Gen 4. Dengan teknologi proses 3nm canggih TSMC, itu akan melampaui kinerja pendahulunya.


Bocoran mengungkap chipset ini bakal disokong CPU Oryon, konon kecepatan clocknya mencapai 4,2 GHz menjadikannya tertinggi dari generasi sebelumnya. Arsitekturnya akan memanfaatkan desain Nuvia Phoenix Qualcomm, dioptimalkan untuk memberikan efisiensi dan kecepatan komputasi yang unggul.

Berdasarkan informasi leaker @DigitalChatStation menyebut Snapdragon 8 Gen 4 akan memulai debutnya dengan Xiaomi 15 series. Ini berarti bahwa seri Xiaomi 15 akan menjadi HP pertama yang menggunakan prosesor anyar tersebut.

Bocoran dari @DigitalChatStation di Weibo. Foto: Gizchina

Sejatinya hal ini bukanlah hal mengejutkan. Sebab ini bukan pertama kalinya perangkat Xiaomi menjadi yang pertama menggunakan prosesor unggulan Snapdragon.

Tahun lalu Xiaomi 14 adalah HP pertama debut dengan chipset Snapdragon 8 Gen 3. Perangkat tersebut diluncurkan pada Oktober 2023.

Xiaomi 15 sendiri masih mengedepankan sektor fotografi. Kamera utama 50 megapiksel disandingkan lensa ultra-wide 50 megapiksel dan telephoto 50 megapiksel.

Layarnya masih dibuat flat dengan menyuguhkan resolusi 1,5K. Bingkai tengah logam dan desain bodi kacanya meningkatkan daya tahannya.

Ada kemungkinan Xiaomi 15 dirilis di bulan yang sama dengan Snapdragon Summit 2024. Kira-kira tertarik menanti kehadirannya di Tanah Air?

(afr/afr)

Membagikan
Exit mobile version