Minggu, Oktober 13

Jakarta

Di TikTok ramai tren ‘Fridgescaping’ yang merupakan tren mendekorasi kulkas. Namun, hati-hati, hal ini bisa membahayakan karena berisiko kontaminasi!

Seiring berjalannya waktu, banyak tren-tren baru muncul dan tersebar di media sosial. Trennya melibatkan banyak hal, mulai dari tren barang hingga makanan.

Belum lama ini juga muncul tren TikTok terbaru yang berasal dari serial televisi Netflix populer Bridgerton. Tren tersebut telah berhasil menginspirasi banyak orang untuk menghiasi bagian dalam kulkas mereka dengan bunga segar, cermin, keramik hias, bingkai foto, patung, bahkan lampu.


Orang-orang membiarkan kreativitas mereka mengalir saat menata makanan sembari mendekorasi kulkas mereka. Berbagai macam tema dicoba untuk menghias kulkas mereka, mulai dari tema hutan hingga Halloween.

Meskipun tren seperti ini bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan, tetapi para ahli memperingatkan bahayanya.

Melansir Times of India (05/10/2024), berikut 5 bahaya yang bisa ditimbulkan dari mengikuti tren fridgescaping.

1. Berisiko kontaminasi

Meletakkan barang lain selain makanan ke dalam kulkas dapat menyebabkan kontaminasi. Foto: Lynzi Judish

Para ahli mengungkap bahwa kulkas dirancang untuk menyimpan makanan dan barang-barang lain yang bisa dimakan. Dengan menyimpan barang selain makanan, seperti bingkai foto dan patung-patung kecil, hal itu dapat menyebabkan kontaminasi dan perpindahan alergen. Jika mengkontaminasi makanan, akhirnya bisa berdampak negatif pada kesehatan.

Profesor klinis kedokteran di NYU Langone Medical Center mengungkap jika sebagian besar makanan yang disimpan di kulkas mudah rusak dan terkontaminasi.

Dr. Marc Siegel menjelaskan bahaya ini juga mencakup paparan bahan kimia atau pelepasan bahan kimia dari barang-barang dekorasi tertentu yang dapat bersentuhan dengan makanan.

2. Ganggu sirkulasi udara di kulkas

Menempatkan barang lain di dalam kulkas juga bisa menyebabkan sirkulasi udara di kulkas hancur. Foto: Lynzi Judish

Memasukkan benda-benda lain ke dalam kulkas bisa mengganggu sirkulasi udara di dalamnya, sehingga mungkin kulkas tidak dapat mempertahankan suhu yang dibutuhkan untuk mencegah pertumbuhan mikroba dan organisme.

Dr. Maria Knobel, Direktur Medis Medical Cert UK mengungkap jika penataan kulkas yang melibatkan penempatan barang-barang selain makanan dapat menganggu sirkulasi udara.

“Tanpa sirkulasi udara yang baik, kulkas Anda tidak mungkin dapat mempertahankan suhu yang mencegah pertumbuhan dan pembusukan bakteri, yang memungkinkan organisme penyebab penyakit, seperti Salmonella dan E. Coli berkembang biak,” ujarnya.

Bahaya lain dari mengikuti tren TikTok ini bisa dilihat pada halaman selanjutnya!

Simak Video “Video: Yang Spesial dari Bakmi Jawa Solo Pak Eko
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version