Sabtu, Oktober 26


Jakarta

Ada banyak alasan mengapa wanita menolak saat diminta patungan bayar makan atau minum saat kencan. Alasannya ternyata cukup sederhana.

Meski tidak ada peraturan yang wajib, tapi kebanyakan pria biasanya akan membayari pasangannya saat kencan pertama atau ketika pergi makan bersama.

Dari sini lah muncul perdebatan ketika ada pasangan kekasih atau gebetan yang memilih bayar makanan masing-masing atau ‘split bill’ ketika kencan.


Topik ini seakan tidak pernah ada habisnya di bahas di media sosial seperti TikTok dan X. Banyak netizen yang merasa split bill seharusnya tidak terjadi, apalagi jika yang ajak makan adalah pihak pria.

Namun banyak juga netizen yang berpendapat bahwa pria tidak memiliki kewajiban untuk membayarkan makanan teman kencannya. Hal itu berlaku sekalipun untuk kencan pertama.

Heboh ‘Split Bill’ di Medsos, Ini Pro dan Kontra Bayar Makan Masing-masing Foto: Ilustrasi Getty Images

Dilansir dari NYPost (22/10), baru-baru ini pengguna TikTok bernama Nancy asal New York menjelaskan alasan sebenarnya mengapa wanita tidak mau diajak patungan bayar makan saat kencan.

“Alasan kenapa wanita tak mau bayar patungan makan atau split bill, karena sebelum pergi kencan saja dia sudah menghabiskan banyak uang. Berapapun tagihan makan dan minum saat kencan, saya merasa sudah menghabiskan uang,” ungkap Nancy.

Ternyata alasannya sederhana, menurut Nancy kebanyakan wanita mengeluarkan banyak uang untuk persiapan sebelum pergi kencan. Termasuk biaya salon untuk merapihkan alis, biaya manicure kuku, produk perawatan rambut yang tak murah sampai harga make up yang mahal.

Ini Alasan Sederhana Wanita Tak Mau Bayar Makan Saat Kencan Foto: Site News

“Totalnya saya bisa menghabiskan dana sekitar USD 349 (Rp 5,4 juta) untuk persiapan pergi kencan,” jelasnya.

Bahkan sebelum kencan, butuh waktu satu hari untuk kebanyakan wanita mempersiapkan diri mereka. Salah satunya dengan membatasi pola makan hingga menghindari makanan tertentu yang bisa menimbulkan aroma tak sedap.

“Saya suka sekali makan garlic knots yang mengandung bawang putih, tapi saya tidak akan pergi kencan usai memakan roti itu,” pungkas Nancy.

Tentu saja opini Nancy ini mengundang pro dan kontra dari netizen. Kebanyakan netizen memang setuju bahwa wanita tak seharusnya ikut patungan bayar makan saat kencan pertama, tapi alasan yang diungkapkan Nancy dianggap tak masuk akal.

“Saya memang akan tersinggung jika pria tidak membayari saya makan di kencan pertama, tapi bukan karena saya sudah menghabiskan biaya perawatan untuk bertemu dengannya,” komen Palm Beach, salah satu kreator di New York.

Di Indonesia sendiri, kasus patungan bayar makan saat kencan ini selalu mengundang banyak komentar. Bahkan beberapa curhatan netizen tentang split bill viral di media sosial.

(sob/odi)

Membagikan
Exit mobile version