Kamis, Oktober 3

Jakarta

Cabai punya banyak jenis di dunia. Beberapa di antaranya tergolong sebagai cabai terpedas karena memiliki tingkat kepedasan yang mencapai jutaan SHU. Ini daftarnya!

Cabai merupakan bahan makanan yang memberi rasa pedas untuk masakan. Namun, rasa pedas yang dihasilkan bisa sangat kuat hingga membuat lidah seseorang terasa terbakar.

Ini lantaran cabai tersebut memiliki tingkat kepedasan mencapai ratusan ribu hingga jutaan dalam skala Scoville Heat Unit (SHU). Untuk perbandingan, cabai merah besar hanya memiliki 30.000 sampai 50.000 SHU.


Mengutip Instagram seasia.food (17/6/2024) dan berbagai sumber, inilah 7 cabai terpedas di dunia:

1. Carolina reaper

Foto: Getty Images/iStockphoto/_jure

Carolina reaper menduduki peringkat 1 daftar cabai terpedas di dunia. Tingkat kepedasannya mencapai 1.641.183 SHU. Sebagai perbandingan, tingkat kepedasan Tabasco hanya 3,750 SHU.

Cabai ini dikembangkan oleh Ed Currie. Ciri fisiknya berwarna merah terang dan berbonggol dengan tekstur bergelombang dan ekor kecil runcing. Cabai ini merupakan hasil persilangan Pakistani Naga dengan jenis Habanero merah dari Pulau St Vincents di Hindia Barat.

2. Trinidad scorpion

Foto: Getty Images/iStockphoto/_jure

Di posisi kedua ada cabai Trinidad scorpion yang kepedasannya lebih dari 1,2 juta SHU. Cabai ini berasal dari desa Moruga, Trinidad dan Tobago. Pada tahun 2012, Chile Pepper Institute dari Universitas Negeri New Mexico mengidentifikasi cabai ini sebagai yang terpedas, sebelum muncul Carolina reaper.

Konon saat digigit, rasa cabai Trinidad scorpion tak terlalu pedas. Namun pada gigitan berikutnya baru terasa sensasi pedas yang luar biasa. Selain rasa pedas, cabai ini juga menghadirkan sedikit rasa manis mirip buah.

3. Ghost pepper

Foto: Getty Images/iStockphoto/_jure

Sering dijadikan campuran snack terpedas di dunia, cabai Ghost pepper punya tingkat kepedasan sekitar 1.041.427 SHU. Cabai dengan nama lain Bhut Jolokia atau cabai setan ini berasal dari wilayah Assam, India.

Cabai ini merupakan hasil persilangan Capsicum chinese dan Capsicum frutescens. Tahun 2007, Guinness World Records menyebut cabai ini sebagai yang terpedas di dunia dengan tingkat kepedasan 170 kali lipat dari saus Tabasco.

4. Chocolate habanero

Foto: Getty Images/iStockphoto/_jure

Tak seperti cabai lain yang warnanya merah atau oranye, cabai Chocolate habanero berwarna kecokelatan. Jenis cabai ini merupakan hasil kultivar cabai habanero yang dibiakkan secara selektif.

Chocolate habanero dibuat lebih pedas, lebih berat, dan lebih besar. Tingkat kepedasannya sekitar 425.000 hingga 577.000 SHU. Cabai ini istimewa dengan aroma dan rasa earthy serta smoky yang menyertai.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Membagikan
Exit mobile version