Kamis, Oktober 3

Jakarta

Menjadi salah satu penghasil kopi terbesar di dunia, Indonesia punya beberapa jenis biji kopi terbaik. Berikut daftarnya beserta karakteristik dan keistimewaan yang dimiliki tiap biji kopi.

Kopi merupakan satu dari sekian banyak hasil bumi kebanggaan Indonesia. Menurut World Population Review, seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Indonesia menempati urutan ke-4 negara penghasil kopi terbesar di dunia.

Indonesia memiliki sekitar 1,5 juta petani yang menjalankan perkebunan kopi dan perusahaan produksi sendiri. Lalu menurut laporan Statista, pada Januari 2022, Indonesia telah mengekspor sebanyak 639,9 ribu kantong kopi dengan masing-masing bobot 60 kilogram.


Berbagai jenis biji kopi Indonesia diekspor untuk memenuhi selera pasar pencinta kopi. Beberapa di antaranya amat terkenal hingga dinobatkan sebagai yang terbaik.

Mengutip situs Try New Coffee (2/10/2024), inilah 7 biji kopi terbaik Indonesia:

1. Sumatra Gayo

Sejak dulu Sumatra Gayo banyak diperbincangkan pencinta kopi mancanegara karena keistimewaan rasanya. Biji kopi ini dideskripsikan punya rasa yang kaya dengan jejak ‘earthy’ dan ‘spicy’.

Biji kopi ini tergolong memiliki kadar asam yang rendah. Begitu selesai diminum menghasilkan rasa bersih di mulut. Sumatra Gayo unik karena tumbuh di dataran tinggi Gayo yang merupakan kawasan vulkanik.

Mengutip Otten Coffee, Sumatra Gayo telah mendapat sertifikat Fair Trade dari organisasi nirlaba Fairtrade International pada 2010. Biji kopi ini juga pernah memperoleh skor tertinggi pada kegiatan Indonesian Specialty Coffee Auction.

2. Bali Blue Moon

Foto: Getty Images/iStockphoto/Boyloso

Dari Bali ada biji kopi Bali Blue Moon yang terkenal nikmat dengan jejak rasa cokelat, vanilla, dan berempah. Biji kopi ini cocok dinikmati mereka yang suka kadar asam (acid) rendah pada kopi dengan body lembut dan creamy.

Bali Blue Moon merupakan jenis kopi Arabica dari wilayah Kintamani. Wilayah ini terkenal memiliki tanah vulkanik Gunung Agung yang kaya nutrisi dan ideal sebagai tempat tumbuh kopi. Keunggulan lain, kopi ini ditanam tanpa pestisida dan pupuk sintetis.

3. Sumatra Mandheling

Selain Gayo, dari Sumatra ada biji kopi Sumatra Mandheling yang juga disebut berkualitas. Rasanya kaya dan kompleks dengan jejak cokelat nan unik. Untuk rasa manisnya, biji kopi Arabica ini dideskripsikan mirip brown sugar.

Mengutip situs Nescafe, biji kopi Sumatra Mandheling cocok dinikmati pencinta kopi secara umum, bahkan mereka yang tak terlalu suka kopi. Sebab rasanya pas, tidak terlalu asam dan pahit. Meminumnya juga tidak bikin masalah asam lambung karena tingkat keasamannya cukup rendah.

4. Java Taman Dadar

Foto: Bloomberg via Getty Images/Bloomberg

Di posisi ke-4, ada biji kopi Java Taman Dadar yang rasanya tidak terlalu berat dengan karakter ‘earthy’. Jejak rasa biji kopi Arabica ini mirip kacang (nutty) dan cedar.

Biji kopi ini diambil dari perkebunan keluarga di Kayumas, Situbondo. Proses pengolahannya masih tradisional hingga menghasilkan biji kopi berkualitas. Masa panen kopi ini antara Mei hingga September setiap tahunnya.

Selengkapnya di halaman selanjutnya.

Membagikan
Exit mobile version