Senin, September 30

Jakarta

Gelas yang bersih dan kinclong tidak hanya aman, tetapi juga memanjakan mata. Jika ingin gelas di rumah selalu bersih, ikuti 5 tips mudah ini.

Gelas menjadi salah satu peralatan yang sering dipakai di rumah. Meskipun biasanya hanya digunakan untuk minum air putih, tetapi kebersihan gelas juga perlu dijaga.

Gelas yang bersih dapat mencegah munculnya bakteri pada permukaan kaca. Gelas juga perlu dicuci bersih untuk menghindari kontaminasi rasa atau aroma makanan atau minuman menempel di dalamnya.


Tidak hanya itu, udara yang lembab juga bisa menyebabkan gelas berbau, berkabut, hingga menimbulkan noda membandel.

Oleh karena itu, kebersihan gelas di rumah harus selalu diperhatikan. Seringkali sabun-sabun tertentu belum bisa mengatasi masalah ini.

Namun, tenang saja karena beberapa bahan sederhana bisa membantu membersihkan gelas dan membuatnya kinclong seperti baru.

Melansir Slurrp.com (10/07/2024), berikut 5 tips praktis membersihkan gelas.

1. Gunakan asam Jawa

Asam jawa dalam bentuk pasta bisa digunakan untuk menghilangkan noda membandel di gelas. Foto: Getty Images/iStockphoto/Narong KHUEANKAEW

Asam jawa adalah salah satu solusi alami yang dapat menghilangkan noda membandel pada gelas.

Kandungan asam yang ringan di dalamnya bisa memecah residu sekaligus menjaga permukaan gelas.

Oleskan sedikit asam Jawa yang sudah dihaluskan ke area gelas yang terkena noda, gosok perlahan, lalu bilas hingga bersih dengan air hangat. Proses ini efektif menghilangkan noda dan mengembalikan kilau peralatan gelas.

2. Campuran kunyit dan soda kue

Campuran kunyit dengan soda kue juga bisa membantu membersihkan gelas. Foto: Getty Images/iStockphoto

Campuran bubuk kunyit, soda kue, dan air juga bisa menghasilkan pasta lembut yang efektif untuk membersihkan peralatan gelas.

Sifat antimikroba pada kunyit yang bercampur dengan tekstur kasar dari soda kue dapat menghilangkan minyak dan noda lainnya,

Oleskan campuran pasta tersebut ke permukaan gelas, gosok perlahan dengan kain lembut atau spons, lalu bilas dengan air. Setelah bersih, segera keringkan.

Metode ini tidak hanya membersihkan gelas, tetapi juga menjaga kilaunya.

Tips membersihkan gelas lainnya bisa dilihat pada halaman berikut ini!

Membagikan
Exit mobile version