Jumat, Oktober 4

Jakarta

Bakso memang menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Dengan cita rasa yang lezat dan tekstur kenyal, bakso menawarkan pengalaman kuliner yang sulit ditolak.

Makanan ini juga menjangkau semua kalangan. Tak heran, kalangan artis dan pejabat pun banyak yang suka bakso.

Bakso Langganan Artis di Jakarta

Dirangkum detikFood, berikut adalah tempat bakso di Jakarta yang jadi langganan kalangan artis dan pejabat:


1. Bakso Mas Ipul

Bakso Mas Ipul Foto: detikFood/Devi S. Lestari

Bakso Mas Ipul berlokasi di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Tempatnya tepat di depan sekolah Labschool Kebayoran.

Bakso Malang ini dijual dengan menggunakan gerobak sederhana. Racikan bakso Malang ini cukup istimewa, karena menggunakan bakso urat dengan potongan tetelan yang melimpah.

Bakso ini juga terkenal menjadi langganan para artis, mulai dari Marshanda, Paramitha Rusady, hingga Nagita Slavina. Bahkan, pejabat sekelas Anies Baswedan juga berlangganan bakso di sini.

2. Bakso Gepeng Tebet

Bakso Gepeng Tebet Foto: detikcom/Diah Afrilian

Di Tebet, ada salah satu tempat bakso yang sempat viral. Namanya Bakso Gepeng Tebet yang berlokasi di kawasan Gelael.

Bakso di sini punya racikan bakso ala Pontianak. Meskipun warung baksonya sederhana, tapi cita rasa bakso bikin ngiler.

Selain bakso gepeng, di sini juga menjual bakso urat, bakso telur hingga tahu bakso.

Salah satu pengelola warung Bakso Gepeng Tebet bernama Ari, menceritakan kalau dirinya bisa menghabiskan 25 kilogram daging sapi dalam sehari.

“Rata-rata kita bisa (menghabiskan) 25 kilogram untuk dagingnya sih. Semuanya juga dibikin sendiri,” kata Ari dikutip dari catatan detikFood.

Karena cita rasanya bisa disandingkan dengan bakso gepeng merek ternama, tak heran kalau pelanggan bakso di sini juga banyak dari kalangan artis.

3. Bakso Sepeda Gandaria

Bakso Sepeda Gandaria Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Bakso Bakso Sepeda Gandaria termasuk bakso legendaris di Jakarta. Sang penjual akrab dipanggil Pak No sudah berjualan sejak 1988.

Dari dulu, beliau berjualan di sekitar Gandaria. Awalnya buka di dekat Puskesmas, namun sekarangi berada di depan taman dekat dengan Roti Eneng.

Nikita Mirzani jadi salah satu artis yang kerap langganan bakso di sini. Penjual bakso asal Klaten, Jawa Tengah ini memiliki racikan bakso berkuah bening yang gurih nikmat.

Baksonya punya tekstur halus, tapi garing yang dagingnya sangat terasa. Harga seporsi bakso ini sekitar Rp 20.000, sudah lengkap dengan bihun atau mie kuning, 7 butir bakso, peserta tambahan tahu kalau suka.

4. Bakso Cendana

Bakso Cendana. Foto: Devi S. Lestari / detikFood

Bakso Cendana termasuk salah satu penjual bakso legendaris di Jakarta, yang telah ada sejak 1965. Karena dulu berjualan di Jalan Cendana, Jakarta Pusat, makanya bakso ini dikenal dengan sebutan Bakso Cendana.

Kabarnya, bakso ini jadi langganan keluarga Cendana atau keluarga mendiang Presiden Soeharto. Rasa kuah kaldu yang sangat gurih berbumbu, dan agak keruh menjadi salah satu yang buat menggoda.

Bakso di sini bukan tipe yang halus, melainkan kasar dan berurat. Namun, teksturnya empuk dan juicy.

Bakso ini sudah tidak berjualan di Jalan Cendana, sekarang pindah ke Jalan Teuku Umar No. 10, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat.

5. Bakso Jangkung

Bakso Pa’de Jangkung. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Berbeda dari kebanyakan penjual bakso lainnya, bakso ini lokasinya di depan Taman Pemakaman Umum (TPU). Tepatnya di depan area TPU Duri Kepa, Jakarta Barat.

Meskipun berjualan di depan TPU, bakso gerobakan ini punya rasa yang lezat. Kaldunya sangat gurih, tetelan yang dikasih pun melimpah, dan harganya pun cukup terjangkau.

Salah satu artis yang pernah mencoba racikan bakso buatan Pak Jangkung ini adalah Nikita Mirzani.

(khq/fds)

Membagikan
Exit mobile version