Rabu, Mei 15

Jakarta

Ciri-ciri awal kehamilan tak melulu hanya telat menstruasi. Sebab, ada sejumlah tanda-tanda kehamilan lainnya yang bisa diamati, salah satunya muncul bercak darah atau flek.

Meski begitu, keluarnya flek dari vagina juga bisa disebabkan oleh menstruasi. Hal ini membuat sebagian wanita bingung apakah bercak darah ini karena sedang haid atau tanda awal kehamilan.

Lantas, apa saja contoh tanda flek kehamilan yang normal? Lalu apa bedanya flek saat awal kehamilan dan menstruasi? Simak penjelasannya dalam artikel ini.


Contoh Flek Tanda Kehamilan

Munculnya flek saat awal kehamilan membuat sebagian wanita merasa panik dan khawatir. Padahal, sudah banyak kasus di mana wanita mengalami kondisi tersebut.

Flek tanda kehamilan merupakan bentuk pendarahan implantasi. Sebagai informasi, menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), pendarahan implantasi adalah pendarahan ringan yang kerap terlihat seperti flek. Kondisi tersebut dapat terjadi setelah embrio menempel di lapisan dinding rahim.

Maka dari itu, flek saat kehamilan merupakan suatu tanda-tanda yang normal. Meski begitu, ada suatu kondisi di mana flek terjadi secara tidak normal.

Dilansir Healthline, berikut sejumlah contoh flek tanda kehamilan yang normal:

1. Terjadi Beberapa Hari Setelah Pembuahan

Flek tanda kehamilan umumnya terjadi sekitar 6-12 hari setelah pembuahan, yakni saat embrio menempel di dinding rahim. Meski begitu, tak semua ibu hamil akan mengalami pendarahan implantasi.

Apabila kamu mendapati ada bercak darah yang keluar dari vagina, hal ini biasanya merupakan salah satu tanda-tanda awal kehamilan.

2. Berlangsung Selama Beberapa Jam

Flek tanda kehamilan biasanya berlangsung selama beberapa jam atau paling lama bisa sampai tiga hari. Setelah itu, flek akan berhenti dengan sendirinya.

Apabila flek terjadi secara terus-menerus, maka detikers perlu waspada. Segera periksa dan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

3. Flek Berwarna Merah Muda

Contoh selanjutnya dapat dilihat dari warna bercak darah yang keluar. Contoh flek tanda kehamilan yang normal umumnya berwarna merah muda atau kecoklatan.

4. Tidak Mengeluarkan Bau

Flek yang normal tidak akan mengeluarkan bau. Apabila bercak darah yang muncul disertai bau dan berwarna kekuningan, kamu perlu waspada karena bisa jadi pertanda ada masalah kesehatan yang dapat membahayakan janin.

5. Hanya Bercak Darah, Tidak Menggumpal

Selain itu, flek yang normal hanya berupa 1-2 tetes bercak darah berwarna merah muda atau kecoklatan. Jika yang keluar berbentuk seperti gumpalan darah, maka perlu berhati-hati karena bisa jadi menandakan keguguran, terutama di usia kehamilan 8-10 minggu.

Dilansir situs NHS UK, ciri-ciri keguguran di antaranya terdapat gumpalan darah yang berwarna merah tua dan bentuknya seperti agar-agar. Biasanya, gumpalan darah muncul bersatu dengan jaringan, seperti plasenta, embrio, atau kantung kehamilan.

Perbedaan Flek saat Haid dan Tanda Awal Kehamilan

Banyak wanita yang masih salah membedakan flek saat menstruasi dan tanda awal kehamilan. Agar tidak salah lagi, simak perbedaannya di bawah ini:

1. Warna Flek

Mengutip situs Lancaster General Health, flek saat menstruasi umumnya berwarna merah tua. Sementara itu, flek tanda kehamilan cenderung berwarna merah muda cerah atau kecoklatan.

2. Volume Flek

Flek saat awal kehamilan tidak sederas dan sebanyak dengan darah haid. Pendarahan implantasi biasanya hanya sebatas bercak darah yang sangat sedikit.

Sedangkan flek saat haid volumenya cukup banyak, sehingga perlu pembalut atau tampon untuk menampung darahnya.

3. Waktu Terjadi

Menurut Committee Opinion No 700: Methods for Estimating the Due Date yang dipublikasi dalam Obstetrics & Gynecology, keluarnya flek saat awal kehamilan terjadi sekitar 10-14 hari setelah terjadinya pembuahan atau trimester pertama hingga usia kehamilan mencapai tiga bulan.

Sedangkan flek saat menstruasi dimulai pada hari pertama siklus wanita. Umumnya, siklus menstruasi berulang per 28-35 hari, jadi keluarnya flek ketika haid lebih sering terjadi dan berulang setiap bulannya.

4. Durasi Keluarnya Darah

Flek tanda kehamilan biasanya terjadi selama beberapa jam saja atau paling lama sampai tiga hari. Sementara itu, flek ketika haid dapat terjadi sekitar 3-7 hari atau bisa lebih.

Itu dia lima contoh tanda flek kehamilan yang normal serta perbedaannya dengan flek saat menstruasi. Semoga artikel ini dapat menambah informasi detikers.

Simak Video “Olahraga Untuk yang Sedang Jalani Program Hamil
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/fds)

Membagikan
Exit mobile version