Sabtu, Oktober 5

Jakarta

Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengatakan kapal-kapal perangnya membantu dalam menembak jatuh rudal-rudal yang ditembakkan Iran ke wilayah Israel. Washington menyebut ada sekitar 200 rudal yang diluncurkan Teheran, dengan beberapa di antaranya ditembak jatuh oleh kapal perang AS.

Dikutip detikINET dari Al Jazeera, Rabu (2/10/2024) seorang pejabat senior Gedung Putih menyebut militer AS berkoordinasi erat dengan mitranya di Israel untuk menembak jatuh rudal-rudal Iran.

“Kapal penghancur Angkatan Laut AS bergabung dengan unit pertahanan udara Israel dalam menembakkan (rudal) pencegat untuk menembak jatuh rudal-rudal yang datang,” ucap penasihat keamanan nasional AS, Jake Sullivan. Serangan Iran itu disebutnya tidak efektif.


Dilaporkan bahwa kapal perusak yang membantu Israel menghadang serangan itu adalah USS Bulkeley dan USS Cole. Memang kapal-kapal perang AS berlalu lalang di Laut Mediterania, Laut Merah, Teluk Oman dan Laut Arab sejak serangan Hamas di 7 Oktober 2023.

Baik USS Bulkeley dan USS Cole termasuk dalam kelas kapal perusak Arleigh Burke yang dioperasikan oleh Angkatan Laut AS. Panjangnya sampai 155 meter dengan volume sampai 9.700 ton, dan dapat menampung sampai 90 misil atau rudal. Adapun harganya sekitar USD 2,2 miliar per unit.

Angkatan Laut AS saat ini mengoperasikan 73 unit kapal di kelas tersebut dan masih ada rencana untuk menambah 19 unit lagi. Ia dibekali sistem persenjataan Aegis Combat System yang menggunakan komputer serta radar untuk melacak dan memandu senjatanya dalam menghancurkan target.

Kapal perusak kelas Arleigh Burke mampu menembak target udara, serangan ke area darat dengan rudal Tomahwak, merudal kapal selam dan tentu saja bisa menyerang kapal perang lain.

Dengan peningkatan pada sistem radar dan muatan rudal sebagai bagian dari Sistem Pertahanan Rudal Balistik Aegis, kapal tersebut juga mengembangkan kemampuan sebagai platform anti rudal balistik dan anti satelit.

Simak Video “Video: Momen Presiden Iran Sebut Iron Dome Israel Lebih Rapuh dari Kaca
[Gambas:Video 20detik]

(fyk/fay)

Membagikan
Exit mobile version