Jumat, Juni 28


Jakarta

Inggris sudah lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2024, namun tiga negara lain di Grup C juga masih memiliki kans melaju ke fase gugur. Simak hitung-hitungannya.

Masing-masing tim sudah menuntaskan dua laga. Saat ini Inggris berada di puncak klasemen sementara dengan empat poin, disusul Denmark dan Slovenia dengan dua poin. Sedangkan Serbia menempati peringkat terbawah karena baru meraih satu poin.

Inggris sudah lolos setelah Italia menahan imbang Kroasia 1-1 pada Selasa (25/6) dinihari WIB. Hasil itu memastikan The Three Lions melaju minimal sebagai peringkat tiga terbaik.


Dalam laga terakhir grup pada Rabu (26/6) pukul 02.00 WIB, Inggris akan melawan Slovenia di Cologne, sementara Denmark bertemu Serbia di Munich. Bagaimana peluang keempat tim memperpanjang kiprah di Euro 2024? Berikut penjelasan selengkapnya.

Syarat Lolos ke 16 besar:

Inggris

  • Inggris sudah lolos ke 16 besar, apapun hasil melawan melawan Slovenia.
  • Inggris akan lolos sebagai juara grup jika menang atas Slovenia. Jika imbang, mereka tetap bisa menjadi juara grup asal Denmark gagal mengalahkan Serbia. Jika Denmark menang, maka juara grup dilihat dari selisih gol.
  • Jika Inggris kalah dari Slovenia, Inggris akan lolos sebagai runner-up asalkan Denmark gagal mengalahkan Serbia. Jika Denmark mengalahkan Serbia, Inggris lolos lewat jalur peringkat tiga terbaik.

Denmark

  • Denmark akan lolos ke 16 besar jika mengalahkan Serbia. Peluang menjadi juara grup terbuka jika Inggris ditahan imbang Slovenia. Dari situ, penentuan peringkat pertama dan kedua akan dilihat dari selisih gol.
  • Denmark masih bisa lolos sebagai runner-up jika ditahan imbang Serbia, asalkan Slovenia kalah dari Inggris. Jika Denmark dan Slovenia meraih hasil imbang, peringkat dua dan tiga ditentukan lewat produktivitas gol lalu rekor disiplin (jika diperlukan).
  • Jika kalah dari Serbia, Denmark tersingkir.

Slovenia

  • Slovenia akan lolos ke 16 besar jika menekuk Inggris. Mereka akan menjadi juara grup jika Denmark gagal mengalahkan Serbia. Jika Denmark menang, maka penentuan juara grup ditentukan selisih gol, lalu produktivitas gol, hingga rekor disiplin (jika diperlukan).
  • Slovenia masih bisa lolos sebagai runner-up jika ditahan imbang Inggris, asalkan Denmark seri dengan Serbia dan di klasemen akhir Slovenia unggul produktivitas gol atau rekor disiplin (jika diperlukan) atas Denmark.
  • Jika Slovenia dan Denmark meraih hasil seri namun Slovenia kalah produktivitas gol atau rekor disiplin dari Denmark, maka Slovenia harus menunggu hasil grup lain demi lolos lewat jalur peringkat tiga terbaik.
  • Jika kalah dari Inggris, Slovenia tersingkir.

Serbia

  • Serbia berpeluang lolos ke 16 besar jika mengalahkan Denmark. Jika di saat bersamaan Inggris tidak kalah dari Slovenia, maka Serbia akan menjadi runner-up. Jika Slovenia menang, maka harapan lolos Serbia tersisa lewat jalur urutan tiga terbaik.
  • Jika imbang atau kalah, Serbia tersingkir.

Hasil-hasil di Grup C Euro 2024

Matchday 1

Slovenia 1-1 Denmark

Serbia 0-1 Inggris

Matchday 2

Slovenia 1-1 Serbia

Denmark 1-1 Inggris

Matchday 3

Inggris vs Slovenia

Denmark vs Serbia

Klasemen sementara Grup C Euro 2024

Posisi Negara Main Menang Seri Kalah Selisih Gol Poin
1 Inggris 2 1 1 0 2-1 4
2 Denmark 2 0 2 0 2-2 2
3 Slovenia 2 0 2 0 2-2 2
4 Serbia 2 0 1 1 1-2 1

(adp/pur)

Membagikan
Exit mobile version