Selasa, Oktober 1


Jakarta

Kementerian Luar Negeri Inggris telah mengeluarkan peringatan perjalanan kepada warga Inggris untuk tidak melakukan perjalanan ke beberapa wilayah di Thailand.

Melansir Manchester Evening News, Senin (30/9/2024), pemerintah menyarankan agar warga Inggris tidak melakukan perjalanan ke beberapa wilayah tertentu di Thailand kecuali perjalanan yang sangat penting.

Peringatan terbaru itu dikeluarkan karena adanya ancaman banjir dan serangan teroris di negara tersebut.


Menurut Kementerian Luar Negeri Inggris, jika traveler mengabaikan saran itu maka mereka akan berada dalam bahaya dan asuransi perjalanan mereka dapat dibatalkan.

Daerah yang perlu dihindari adalah beberapa daerah di bagian selatan dekat perbatasan Thailand-Malaysia. Daerah itu disebut rentan terhadap serangan teroris. Selain itu, Thailand bagian utara yang tengah bergulat dengan masalah banjir pun diimbau untuk tidak didatangi.

“FCDO menyarankan agar Anda tidak melakukan perjalanan kecuali yang sangat penting ke beberapa bagian di selatan, dekat perbatasan Thailand-Malaysia,” tulis situs web Kantor Luar Negeri, Persemakmuran dan Pembangunan (FCDO).

“FCDO juga menyarankan untuk tidak melakukan perjalanan kecuali untuk perjalanan penting di jalur kereta api Hat Yai ke Padang Besar yang melintasi provinsi-provinsi tersebut. Hal ini dikarenakan adanya serangan teroris secara rutin di provinsi-provinsi di dekat perbatasan dengan Malaysia. Ada serangan teroris secara rutin di empat provinsi di ujung selatan Thailand di dekat perbatasan dengan Malaysia,” kata FCDO.

Namun, FCDO menyebut serangan teroris bisa terjadi di mana saja di Thailand, termasuk tempat-tempat yang dikunjungi warga negara asing.

“Namun, serangan teroris dapat terjadi di mana saja di Thailand. Serangan bisa terjadi tanpa pandang bulu, termasuk di tempat-tempat yang dikunjungi warga negara asing. Tetap waspada terhadap lingkungan sekitar Anda, ikuti perkembangan laporan media lokal dan ikuti saran dari pihak berwenang setempat,” sambung imbauan tersebut.

Kantor Luar Negeri, Persemakmuran & Pembangunan (FCDO), juga menyoroti kondisi cuaca yang buruk. Sehingga mereka mengeluarkan peringatan untuk tidak melakukan perjalanan ke Chiang Mai dan daerah-daerah yang berdekatan dengan Sungai Ping.

“Thailand saat ini sedang menghadapi hujan lebat dan banjir di beberapa bagian negara, termasuk banjir yang meluas di Thailand utara. Otoritas setempat telah mengeluarkan peringatan terkait dengan daerah-daerah di dekat Sungai Ping, termasuk di pusat kota Chiang Mai. Tetaplah waspada dan ikuti saran dari pemerintah setempat,” imbau FCDO.

Tak hanya imbauan di daerah-daerah tersebut, FCDO juga memberi peringatan mengenai keselamatan di jalan raya, terutama yang melibatkan sepeda motor. Itu karena Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan Thailand sebagai salah satu negara dengan tingkat kematian sepeda motor tertinggi di dunia, mereka mengimbau para pelancong untuk sangat berhati-hati saat berkendara di negara ini.

(wkn/wkn)

Membagikan
Exit mobile version