Jakarta –
Artificial Intelligence (AI) bisa membantu manusia dalam banyak hal. Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mendorong AI untuk membantu meningkatkan perekonomian di Indonesia.
Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) bersama Twimbit, perusahaan riset dan konsultasi terkemuka, meluncurkan laporan khusus berjudul ‘Empowering Indonesia Report 2024’.
“Teknologi dan konektivitas memiliki peran kunci dalam memajukan Indonesia, dan laporan ini adalah langkah konkret kami dalam mewujudkan visi tersebut,” ujar Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison di Indosat MX Center, Jakarta, Senin (20/5/2024).
Laporan ini mengangkat tema ‘Growth Beyond Metropolitan’ dan berfokus pada ambisi Indosat untuk menjadi pendorong utama dalam pemberdayaan Indonesia melalui penerapan teknologi Artificial Intelligence (AI) guna mendukung pertumbuhan ekonomi.
Komisaris Utama Indosat Ooredoo Hutchison, Halim Alamsyah, menjelaskan bahwa meskipun Indonesia memiliki potensi ekonomi yang besar, pertumbuhan ekonominya dalam 15 tahun terakhir hanya sekitar 5% per tahun karena masih sangat terpusat di Pulau Jawa dan bergantung pada permintaan domestik serta konsumsi. Sementara sumber daya dan basis produksi belum terdiversifikasi dengan baik ke wilayah lain.
“Dari sudut pandang pribadi saya, saya melihat bahwa kita harus dengan cepat, secepat mungkin berinvestasi di bidang sumber daya manusia. Ini adalah satu kunci untuk Indonesia. Kedua tentu saja, kita perlu berinvestasi lebih banyak dalam teknologi. Tanpa teknologi, tanpa orang yang memiliki keterampilan yang tepat, saya rasa Indonesia akan terbagi-bagi,” ujar Halim.
Manoj Menon, Founder dan Chief Executive Officer Twimbit, juga mendukung untuk memanfaatkan kreativitas dan kekuatan bangsa Indonesia dalam menerapkan teknologi digital guna memecahkan masalah-masalah besar yang dihadapi, yang diyakini dapat membuka nilai ekonomi Indonesia lebih cepat.
Namun meskipun Indonesia kaya akan talenta kreatif, bagaimana kreativitas bangsa Indonesia dapat diterapkan untuk menyelesaikan masalah inklusi keuangan dan penyediaan layanan pemerintah secara digital? Menurutnya mayoritas masyarakat Indonesia belum memanfaatkan layanan pemerintah secara digital, padahal mereka antusias menggunakan platform seperti TikTok.
“Bagaimana kita bisa membuatnya semudah TikTok? Jika kita mampu melacak dan menerapkan keunikan serta kedalaman bakat kreatif bangsa Indonesia dengan tepat, kita yakin dapat mengatasi tantangan tersebut,” ujar Manoj.
Empowering Indonesia Report 2024 menyoroti lima inisiatif strategis yang diperlukan untuk transformasi berkelanjutan menuju visi Indonesia Emas 2045, yaitu pemanfaatan potensi kota sekunder, peningkatan ekonomi digital hingga pelosok pedesaan di area rural, penguatan peran UMKM, peningkatan teknologi dalam sektor pertanian, serta pemberdayaan perempuan. Riset ini juga memproyeksikan bahwa ekonomi digital Indonesia akan mencapai Rp 1,8 triliun pada tahun 2027.
Entrepreneur digital, Raymond Chin juga memberikan pandangannya. Pertumbuhan di luar kota metropolitan menjadi sebuah langkah tepat untuk mewujudkan inklusi ekonomi yang lebih luas di Indonesia.
“Dengan menjelajahi potensi daerah-daerah di luar kota besar hingga desa terpencil, mewujudkan peluang tanpa batas untuk kemajuan yang lebih besar dan kesempatan yang lebih luas,” ujar Raymond.
Selain itu, Indosat dan Twimbit mengumumkan program ‘Youth-Tech Challenge Competition’ untuk anak muda yang ingin berkontribusi di bidang teknologi.
Program ini akan dimulai dengan acara grand launching dan roadshow di berbagai kampus, bertujuan menciptakan solusi inovatif berbasis teknologi guna mengatasi tantangan nasional di berbagai bidang seperti perkotaan, pertanian, pendidikan, UMKM, dan pemberdayaan perempuan.
Kompetisi ini akan terbagi menjadi tiga tahap yaitu pendahuluan, semifinal, dan final. Peserta akan dibimbing melalui sesi mentorship dan berkesempatan berkolaborasi dengan profesional industri.
Mereka juga akan memilih salah satu studi kasus dari ‘Empowering Indonesia Report 2024’ yang fokus pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. Indosat Ooredoo Hutchison dan Twimbit berharap dapat mendorong inovasi dan kolaborasi untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045, mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif bagi seluruh masyarakat.
*Artikel ini ditulis oleh Fadhila Khairina Fachri, peserta Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom.
Simak Video “Marchella ‘NKCTHI’ Tak Khawatir Profesinya Tergantikan Teknologi AI“
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)