Jumat, Oktober 11


Vientiane

Pemerintah Republik Indonesia menjadi koordinator Kemitraan ASEAN-Australia 2024/2027. Akan ada beberapa prioritas kerja sama yang bakal didorong.

“Tahun ini, Indonesia menjadi koordinator bagi Kemitraan ASEAN-Australia untuk periode 2024/2027. Di tahun lalu, kita menjadi koordinator ASEAN-US,” kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi di sela KTT ASEAN, Vientiane, Laos, Kamis (10/10/2024).

Menjadi koordinator, berarti mewakili negara-negara ASEAN dalam menjalin kerja sama di beberapa bidang dengan Australia. Ada beberapa hal yang akan menjadi prioritas untuk dikerjakan.


“Pak Wapres mengangkat beberapa prioritas kerja sama yang akan didorong. Pertama, di pilar politik dan keamanan, memajukan upaya penanganan terorisme dan kejahatan transnasional,” ujarnya.

Selain itu, di pilar ekonomi, Indonesia akan mendorong implementasi dan perjanjian kerja sama antara ASEAN dan Australia.

“Di pilar ekonomi, mendorong implementasi efektif dari berbagai perjanjian ekonomi seperti RCEP (Regional Comprehensive Economic Partnership), kemudian ASEAN-Australia-New Zealand FTA dan juga Australia’s Southeast Asia Economic Strategy to, to-nya t-o, 2040.” ucap Retno.

“Jadi Australia’s Southeast Asia Economic Strategy ini adalah strategi dari Australia yang menjadikan Southeast Asia menjadi salah satu prioritas atau jangkar untuk meningkatkan kerja sama ekonomi sampai dengan tahun 2040,” imbuhnya.

(aik/fas)

Membagikan
Exit mobile version