Minggu, Juli 7


Jakarta

Timnas Indonesia U-16 kalah 3-5 dari Australia di semifinal Piala AFF U-16 2024. Tapi perjuangan pemain sudah luar biasa, apalagi main dengan 10 pemain.

Tiga gol Garuda Muda dicetak lewat brace Muhammad Zahaby Gholy dan Josh Holong dalam laga di Stadion Manahan, Solo, Senin (1/7/2024). Sedangkan gol Australia dicetak lewat brace Amlani Tatu, Quinn Macnicol, dan brace Anthony Didulica.

Adapun Timnas Indonesia U-16 bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-28. Sebab Raihan Sudrajat mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-27 yang membuatnya harus diusir wasit.


“Kami tetap apresiasi kerja keras dan perjuangan pemain pada laga ini. Walaupun bermain dengan 10 pemain, tapi bisa bermain dengan baik. Mental pemain luar biasa,” kata pelatih Indonesia, Nova Arianto seusai laga.

Nova Arianto menambahkan, turnamen ini menjadi pengalaman yang baik demi menghadapi kualifikasi Piala Asia U-17 2025 pada 23 – 27 Oktober mendatang. Indonesia kebetulan satu grup dengan Australia, Kuwait, dan Mariana Utara.

Laga kualifikasi Grup G yang diikuti Indonesia akan digelar di Kuwait. Cuma juara grup dan lima runner-up terbaik yang akan mendapat tiket Piala Asia U-17.

“Ya di sini saya bilang daya juang pemain saya secara mentality sangat-sangat luar biasa. Ini jadi pelajaran yang berharga buat pemain kami. Ini pelajaran yang baik buat pemain agar ke depannya bisa lebih baik dan berkembang terus,” tambahnya.

Sementara itu, gelandang Daniel Alfrido mengatakan bahwa dia dan rekan-rekannya sudah berjuang maksimal pada laga ini. Apalagi meski bermain dengan 10 orang pemain masih mampu memberikan perlawanan yang luar biasa.

“Pada laga tadi kita sudah bekerja keras meski harus mengalami kekalahan. Kami masih ada waktu untuk persiapan mengikuti Piala AFC U-17 mendatang serta bertemu Australia lagi dan tentunya ingin menang dari mereka,” kata Daniel.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia U-16 akan melawan Vietnam pada laga perebutan tempat ketiga, di Stadion Manahan, Solo, pada, Rabu (3/7). Vietnam pada laga semifinal lainnya kalah 1-2 dari Thailand.

(mro/aff)

Membagikan
Exit mobile version