Selasa, Juli 2


Jakarta

Demi menarik perhatian dan kunjungan turis China ke Malaysia, Melaka menggaet Fan Bingbing, artis ternama di China jadi duta pariwisata.

Diberitakan Straits Times, Minggu (30/6/2024) Fan secara resmi memulai hari pertamanya sebagai duta Visit Melaka 2024 pada 14 Juni di ibu kota negara bagian Kota Melaka. Kedatangannya langsung disambut ratusan orang di gedung ikonik Stadthuys di kawasan Bandar Hilir.

Dalam kunjungannya itu, Fan mengenakan kebaya Nonya (pakaian nasional wanita Malaysia) dipadukan dengan rok batik warna teal, mengikuti sesi temu sapa di berbagai lokasi. Serta dia dijadwalkan mengunjungi situs pariwisata dan peninggalan sejarah pada 14 hingga 16 Juni.


[Gambas:Instagram]

Fan yang memiliki 63 juta pengikut di Weibo dan sangat populer di Asia. Jadi harapannya, dengan popularitas sebesar itu mampu mempromosikan Malaysia, khususnya Melaka kepada para fansnya.

“Fan Bingbing berpengaruh dan para penggemarnya akan mengikutinya, sehingga menempatkan Melaka pada keuntungan,” kata Ketua Menteri Melaka Datuk Seri Ab Rauf Yusoh.

Tahun lalu, Melaka kedatangan 8,63 juta wisatawan, meningkat 42,77% dibandingkan tahun 2022 dengan 204.000 wisatawan China. Berdasarkan data tahun ini, lebih dari 116.000 orang China mengunjungi negara bagian itu antara bulan Januari hingga April tahun ini.

Fan Bingbing mengaku senang bisa mendapat kepercayaan untuk mempromosikan wisata Melaka. Dia mengaku resah dengan dunia pariwisata yang hancur karena pandemi.

“Bagi saya, sungguh suatu kehormatan untuk ditunjuk sebagai Duta Wisata Persahabatan Melaka 2024. Setelah pandemi, pikiran saya sangat tidak tenang, dan saya belum pernah bepergian ke luar negeri,” ujar Bingbing.

“Namun, pariwisata pasca-pandemi menjadi hidup kembali, dan orang-orang pasti akan memilih tempat-tempat yang belum pernah mereka kunjungi sebelumnya,” katanya.

Dalam akun Instagramnya, Fan membagikan beberapa foto saat berkeliling tempat wisata di Melaka. Mulai dari mengunjung ikon sejarah, minum es cendol, mengunjungi restoran mewah hingga ke taman bermain.

Kampanye di Melaka bukanlah kali pertama Fan mempromosikan pariwisata di kota-kota Asia Tenggara.

Pada bulan April, ia diundang menjadi tamu istimewa di Maha Songkran World Water Festival 2024 oleh Otoritas Pariwisata Thailand. Acara tersebut menampilkan dia mengenakan kostum tradisional Thailand dan berdiri di atas kendaraan hias yang terbuat dari tuk-tuk yang dihiasi bunga pada parade Songkran di Bangkok.

(sym/sym)

Membagikan
Exit mobile version