Sabtu, Oktober 12


Jakarta

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) berencana membangun hutan penghasil minyak atsiri di IKN. Hal ini disampaikan oleh Deputi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam OIKN Myrna Safitri.

Myrna mengatakan hutan penghasil minyak atsiri rencananya akan dibangun di Bukit Tengkorak. Rencana tersebut diambil sebagai langkah untuk mewujudkan IKN sebagai kota berkelanjutan.

“Ketika membangun IKN sebenarnya kita itu ada mimpi yang ingin kita capai. Pertama, kita ingin mencoba bisa nggak kita membangun kota yang disebut kota berkelanjutan. Prinsip yang penting pada pertemuan kali ini adalah bahwa IKN hanya dibangun dengan prinsip yang Harmoni dengan alam,” kata Myrna dikutip dari akun Instagram @nusantaraforestcity, Sabtu (12/10/2024).


Myrna menjelaskan pihaknya telah menggandeng para ahli di bidangnya dari perguruan tinggi untuk meriset area tersebut. Alhasil, muncullah rekomendasi agar dibangun hutan penghasil minyak atsiri di Bukit Tengkorak IKN.

“Area Timur 1 itu berbatasan dengan area yang bawahnya disebut sebagai kawasan pemukiman orang namanya serem (Bukit Tengkorak). Nah tahun lalu dengan bantuan teman-teman dari IPB University. Saya juga sudah kembali mendesain awal dari acara tersebut dan salah satu dari desain itu merekomendasikan untuk membangun semacam hutan atsiri di wilayah tersebut,” jelas Myrna.

Lebih lanjut, bukit itu bersebelahan dengan lokasi pusat kebugaran di IKN. Dia pun menekankan pentingnya menggandeng institusi pendidikan, baik dari dalam maupun luar negeri untuk pengembangan riset dan inovasi di IKN.

“Poin yang ingin saya sampaikan adalah lokasi Bukit tengkorak tersebut bersebelahan dengan lokasi pusat kebugaran yang ada di IKN. Poin yang penting adalah fase di mana kami ingin mendorong keterlibatan dari institusi pendidikan untuk pengembangan riset inovasi. Oleh karena itu, kami mengundang banyak universitas dari dalam negeri untuk terlibat bersama-sama dalam pengembangan riset salah satunya juga dengan pengembangan hutan pendidikan disandingkan dengan teknologi,” terangnya.

Simak Video: Jokowi Groundbreaking Teras Hutan Ibu Kota Nusantara

[Gambas:Video 20detik]

(hns/hns)

Membagikan
Exit mobile version