Senin, Oktober 14


Brasilia

Presiden Brasil, Lula da Silva, punya ide nyeleneh. Dia meminta Timnas Brasil diisi pemain yang seluruhnya berkompetisi di liga lokal!

Timnas Brasil lagi kering prestasi selepas juara Copa America 2019. Selecao tampil naik-turun dan belum mampu lagi berbicara banyak di pentas internasional.

Di Piala Dunia 2022, Brasil didepak Kroasia pada perempatfinal. Dua tahun berselang, Vinicius Junior cs dihentikan Uruguay di delapan besar Copa America.


Brasil bahkan sudah kalah empat kali di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona CONMEBOL. Pasukan Dorival Junior tertahan di urutan keempat klasemen dengan 13 poin, tertinggal 6 angka dari Argentina di puncak.

Hasil-hasil buruk Timnas Brasil disorot Lula da Silva. Orang nomor satu di Brasil itu menyoroti skuad Tim Samba yang mayoritas diisi pemain-pemain yang berkarier di Eropa.

Dari 23 pemain Timnas Brasil saat ini, hanya 6 saja yang berasal dari liga lokal. Lula menilai pemain-pemain dari liga Eropa seperti Vinicius atau Gabriel Martinelli tak lebih baik ketimbang yang berkompetisi di Brasil.

“Saya telah lama berpendapat tim Brasil harus dipanggil dengan pemain yang berkompetisi di Brasileirao. Saya bersama presiden CBF di Brasilia beberapa hari ini, [dan] saya berkata kepadanya: ‘Mengapa Anda tidak memanggil tim yang hanya berisi pemain dari kompetisi Brasil?” kata Lula kepada O Povo/CBN Radio.

“Mereka yang berada di luar negeri tidak lebih baik daripada mereka yang berada di sini. Kami tidak punya banyak pemain hebat di luar sana, kami tidak punya Garrincha, Romario… banyak anak muda yang, dengan ijin Tuhan, sukses, tetapi mereka belum menjadi bintang.”

Lula memberi contoh saat Brasil mengalahkan Chile dalam laga kualifikasi Piala Dunia pekan lalu. Dua gol kemenangan Selecao dicetak Igor Jesus dan Luiz Henrique, keduanya saat ini berkarier di Liga Brasil.

“Di Brasil, Anda punya pemain-pemain bagus, dengan kualitas yang sama. Dan kemarin [pertandingan Cile vs. Brasil] adalah sesuatu yang mana Tuhan membantu saya: hal yang selama ini saya bicarakan terjadi. Gol-gol dicetak oleh dua pemain yang bermain di Brasil, untuk Botafogo, jadi beri mereka kesempatan di sini,” Lula menuturkan.

Pemain Liga Lokal di Timnas Brasil

Weverton (kiper): Palmeiras
Fabricio Bruno (bek): Flamengo
Alex Telles (bek): Botafogo
Gerson (gelandang): Flamengo
Luis Henrique (winger): Botafogo
Igor Jesus (penyerang): Botafogo.

(bay/rin)

Membagikan
Exit mobile version