Rabu, Oktober 2


Jakarta

Waketum Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, kembali menjadi Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR 2024-2029. Hal ini diumumkan dalam rapat penetapan pimpinan DPR periode 2024-2029.

Rapat terselenggara di ruang rapat paripurna kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024). Rapat ini dipimpin oleh Ketua DPR sementara Guntur Sasono dan Wakil Ketua DPR sementara Annisa Mahesa.

“DPP Partai Demokrat telah memutuskan bahwa Fraksi Partai Demokrat yang ada di DPR RI diberi nama Fraksi Partai Demokrat dengan jumlah anggota 44 orang yang berdasarkan Keputusan DPP Nomor 43/10/2024,” kata juru bicara Demokrat, Marwan Cik Asan, dalam rapat paripurna.


Marwan menyebut Ketua Fraksi Demokrat di DPR tetap Ibas yang terpilih menjadi anggota DPR dari dapil VII Jawa Timur dengan perolehan 275.568 suara.

“Ketua Fraksi Edhie Baskoro Yudhoyono. Struktur fraksi lainnnya akan segera kami akan lengkapi,” ungkapnya.

Sebanyak 580 anggota DPR terpilih periode 2024-2029 sebelumnya resmi dilantik. Mayoritas diisi oleh wajah lama, ratusan legislator ini akan melaksanakan fungsi legislasi, pengawasan, dan budgeting.

Pelantikan digelar di ruang sidang paripurna, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10). Pelantikan turut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan presiden terpilih Prabowo Subianto serta jajaran menteri kabinet.

Sekjen DPR Indra Iskandar membacakan keputusan presiden tentang peresmian keanggotaan DPR periode 2024-2029. Lalu 580 wakil rakyat mengucapkan sumpah/janji sebagai anggota DPR dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin.

Setelah itu, anggota DPR menandatangani berita acara sumpah/janji, yang dilakukan secara simbolis oleh lima anggota Dewan. Lalu ada penyerahan memori DPR oleh Pimpinan DPR periode 2019-2024 kepada pimpinan sementara DPR dan penandatanganan berita acara serah-terima.

(dwr/rfs)

Membagikan
Exit mobile version