Sabtu, Oktober 12


Manch

Manchester City sudah mendapat pengganti Txiki Begiristain di posisi Direktur Olahraga. Dia adalah Hugo Viana yang direkrut dari Sporting CP.

Pengumuman itu dilakukan City, Sabtu (12/10/2024) malam WIB atau beberapa hari setelah pengunduran diri Begiristain akhir musim ini. Tidak disebutkan berapa durasi kontrak Viana.

Yang pasti Viana akan mulai bekerja bareng Begiristain dalam waktu dekat, agar proses transisi berjalan dengan mulus musim depan.


“Viana baru memulai tugasnya secara penuh pada musim panas 2025, tapi akan mulai berkolaborasi dengan Txiki dalam beberapa bulan ke depan demi memastikan proses transisi berjalan mulus,” ujar pernyataan City.

“Kami tak sabar memberikan apresiasi kepada Txiki di akhir musim atas kontribusinya untuk Manchester City.”

Viana mulai menduduki jabatan Direktur Olahraga Sporting pada 2018. Dia sukses membantu Sporting menjuarai Liga Portugal pada 2021 dan 2024 di tengah dominasi FC Porto serta Benfica.

Viana pula yang membawa Ruben Amorim balik ke Sporting pada 2020 untuk menjadi pelatih. Nama Amorim naik daun setelahnya dan sempat jadi incaran Liverpool musim panas lalu.

Dengan masuknya Viana musim depan, ada peluang Amorim bakal ke City jika Pep Guardiola jadi cabut akhir musim ini. Namun, manajemen City disebut masih ingin mempertahankan Guardiola.

Viana sendiri tidak asing dengan Liga Inggris karena sempat bermain di sana saat memperkuat Newcastle United pada 2002-2006. Viana yang pensiun pada 2016 punya 29 caps dan satu gol bareng Timnas Portugal.

(mrp/pur)

Membagikan
Exit mobile version