Kamis, Oktober 3


Jakarta

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mengatakan ada kemungkinan Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) akan dipecah dari Kementerian Pariwisata. Namun ia juga menyebut masih ada peluang urusan kebudayaan dari Kemendikbud dilebur dengan Kementerian Pariwisata.

“Kalau pariwisata ada opsi akan Barekraf (Baparekraf -red) dipisah. Atau jangan-jangan kebudayaan dilebur di pariwisata jadi budaya pariwisata dulu. Punya pengalaman kebudayaan dan pariwisata disatukan,” kata Huda di kompleks parlemen, senayan, Jakarta Pusat, Selasa (1/10/2024).

Huda menyebut ada peluang Kemendikbud Ristek dipecah menjadi tiga. Ia menyebut akan lebih fokus jika pendidikan nasional, pendidikan tinggi, dan riset hingga kebudayaan tak menjadi satu kesatuan.


“Ya, tadinya opsi tiga itu ada Diknas, Dikti, dan Riset dan Kebudayaan. Tapi sampai hari ini kita tunggu,” ujar politikus PKB ini.

Dia lantas menanggapi wacana Kemendikbud Ristek dipecah. Ia menilai kementerian di bawah payung Komisi X tak akan sulit untuk dipecah atau dilebur lantaran sudah ada pengalaman.

“Setahu saya memang ada rencana akan dipecah. Ada opsi jadi dua, ada opsi jadi tiga pecahan. Tapi sekali lagi kementerian punya pengalaman baik dipecah maupun dimerger,” ujar Huda.

“Jadi menurut saya teman-teman di Kemendikbud relatif siap apakah akan dipecah jadi 3 atau 2 gitu karena punya pengalaman dipecah dan punya pengalaman di merger disatukan,” sambungnya.

(dwr/dnu)

Membagikan
Exit mobile version