Rabu, Juli 3


Jakarta

Sambal gami merupakan sambal khas Bontang yang terkenal pedas nikmat. Kalau mau coba, coba mampir makan sambal gami dengan aneka lauk di 5 tempat ini.

Sambal tradisional dari berbagai daerah Indonesia sangat banyak dengan kenikmatan masing-masing, termasuk sambal gami khas Bontang, Kalimantan Timur.

Ciri khasnya adalah diolah dengan ikan atau protein hewani lainnya, lalu dimasak di atas cobek tanah liat atau wajan pada umumnya. Sambal gami diracik dari cabai keriting dan rawit, bawang merah, tomat merah, dan terasi sebagai bahan utamanya.


Sambal gami makin enak dipadukan dengan nasi hangat dan aneka lauk. Kalau mau cicip sambal gami yang terkenal enak di Jakarta dan sekitarnya, ini 5 rekomendasinya:

1. Sambal Bakar Indonesia

Sambal Bakar Indonesia punya cabang di Jabodetabek, Lampung, Surabaya, hingga Bali. Di Jakarta, salah satu gerainya ada di Jalan Moh. Saidi, Pesanggrahan.

Mereka menyajikan sambal gami dengan aneka lauk seperti ayam goreng, kulit ayam, telur barendo, lele, kikil, paru, belut, hingga iga. Harganya mulai dari Rp 20 ribuan. Menunya juga bisa dipesan di aplikasi ojek online.

2. Sambal Bakar Mang Asep

Foto: detikFood

Sempat viral didatangi banyak food vlogger, Sambal Bakar Mang Asep bisa jadi pilihan. Lokasinya ada 3 di Bekasi Selatan dan Bekasi Timur. Salah satunya di Jalan Pulo Ribung No. 28 Pekayon.

Di sini kamu bisa menikmati sambal gami khas Borneo dengan berbagai lauk. Salah satu yang jadi andalan adalah cumi sambal gami. Lalu ada ayam goreng, ikan nilai, iga, baby crab, hingga wagyu saikoro yang unik. Harganya mulai dari Rp 20 ribuan.

3. Sambal Bakar Cobek

Di Jalan Moch Kahfi II Nomor 5, Srengseng Sawah, kamu bisa mampir ke Sambal Bakar Cobek. Menu sambal gami khas Bontang jadi primadona. Aneka lauk pun bisa dipadukan sambal ini.

Kamu bisa coba dengan paru goreng, empal, cumi asin, bandeng, hingga telur. Harganya terjangkau mulai dari Rp 13 ribu dengan isian sambal, telur dadar, dan lalap sayuran.

4. Sambal Bakar Dua Putri

Sambal Bakar Mang AsepIlustrasi Foto: detikFood

Sambal gami atau sambal bakar enak juga bisa dicicipi di Sambal Bakar Dua Putri. Lokasinya di Jalan Bunga Melati nomor 9, Cipete Selatan.

Menu terfavoritnya adalah nasi sambal bakar dengan lauk ayam bakar seharga sekitar Rp 33.000 di aplikasi ojek online. Lalu ada lauk udang bakar, ayam goreng, hingga cumi asin yang sayang dilewatkan.

5. Sambal Gami Bontang 135

Sambal Gami Bontang 135 punya beberapa cabang, termasuk di Cibinong, Bogor, dan Cileungsi. Sambal gami di sini bisa dipesan tingkat kepedasannya, dari level 1 hingga level suhu.

Untuk menunya ada ayam goreng, kulit ayam, paru, udang, cumi, ikan nila, babat, belut, hingga Indomie! Harganya sekitar Rp 20 ribuan per porsi. Pastinya enak dimakan dengan nasi hangat!

(adr/odi)

Membagikan
Exit mobile version