Jumat, Juni 28


Jakarta

Honda dirumorkan sedang mendekati Toprak Razgatlioglu untuk bergabung di kelas MotoGP. Manajernya, Kenan Sofuoglu membenarkan adanya permintaan Toprak untuk berlaga di MotoGP tahun depan.

“Ada banyak yang berminat dengan Toprak di paddock MotoGP untuk tahun depan. Kami memiliki kontrak dua tahun dengan BMW, tapi saya sudah memberi tahu BMW, kami ingin meninggalkan World Superbike (WSBK) pada akhir tahun ini dan pindah ke MotoGP. Saya sudah menjelaskan kepada mereka bahwa ini adalah keinginan Toprak,” kata Kenan Sofuoglu dikutip dari Todocircuito, Senin (24/6/2024).

Keinginan Toprak untuk pindah ke MotoGP sudah mencuat sejak tahun lalu. Pebalap berjuluk El Turco itu sudah dua kali diberi kesempatan untuk mencoba Yamaha YZR-M1 di lintasan. Percobaan pertama di Sirkuit Aragon 2022 lalu, dan percobaan kedua di Sirkuit Jerez pada 2023.


Tapi Yamaha kurang terkesan dengan apa yang ditampilkan El Turco dalam sesi tes tersebut. Alhasil, Yamaha tidak bisa memberi kepastian kepada Toprak apakah mereka akan merekrutnya untuk dijadikan tandem Fabio Quartararo.

Di sisi lain, Toprak sudah memberi pernyataan bahwa dirinya hanya mau bergabung ke tim pabrikan andai jadi pindah ke MotoGP musim depan. Melihat peluang itu sangat kecil, Toprak jadi memutuskan bertahan di WSBK. Tapi tidak bersama Yamaha, dia membela BMW.

Dicuplik dari Motorsport-total, Honda sedang bernegosiasi dengan Toprak. Pabrikan sayap emas itu dilaporkan serius untuk memboyong Toprak dari WSBK ke MotoGP. Belum disebutkan berapa nilai kontrak yang disodorkan dan tim mana yang akan dibela Toprak.

Jika Honda benar-benar bisa mengontrak Razgatlioglu sebagai pebalap utama pada tahun 2025, itu berarti akhir bagi Joan Mir lantaran belum melakukan perpanjangan kontrak. Sementara Luca Marini masih terikat kontrak berdurasi dua tahun dengan tim pabrikan Honda hingga akhir 2025.

Di LCR-Honda, hanya satu tempat yang kosong untuk tahun 2025, Johann Zarco akan terus membalap di sana tahun depan. Sedangkan masa depan Takaaki Nakagami masih belum jelas, biasanya pebalap Jepang itu dikontrak tim satelit Honda dengan perpanjangan per satu tahun.

Namun diketahui Toprak hanya mengincar kursi tim pabrikan. Sofuoglu menolak tim satelit demi masa depan anak asuhnya, apalagi berkaca dari sejarah, tak jarang pebalap WSBK yang karirnya meredup di MotoGP.

BMW saat ini puas dengan kesuksesan Toprak saat ini bersama kami di WSBK. “Kami memiliki kontrak untuk musim ini dan musim depan dan kami tidak berspekulasi lebih lanjut,” tulis penyataan BMW.

Toprak berhasil beradaptasi dengan BMW M1000RR dan meraih 9 podium dan 6 kemenangan, termasuk 2 kemenangan di Sirkuit Misano.

Toprak saat ini memimpin klasemen sementara WSBK 2024 dengan 179 poin, unggul dari Nicolo Bulega (158 poin) dan Alvaro Bautista (155 poin). Toprak pun bicara mengenai masa depannya, khususnya peluang pindah ke MotoGP. T

“(Sekarang) saya kuat di Superbike, terutama musim ini dengan motor (BMW) ini, untuk MotoGP kita lihat saja apa yang akan terjadi di masa depan,” kata Toprak.

(riar/lth)

Membagikan
Exit mobile version