Kamis, Oktober 10


Jakarta

Astra Honda Motor (AHM) resmi memperkenalkan dua motor listrik terbarunya, ICON e: dan CUV e:. Sama seperti EM1 e: dan EM1 e: Plus, ICON e: dan CUV e: juga sudah dirakit secara lokal di Astra Honda Motor Plant 2, Kelapa Gading, Jakarta. Berapa ya kandungan lokalnya?

Marketing Director AHM Octavianus Dwi Putro, tidak menjelaskan secara rinci seberapa besar kandungan lokal ICON e: dan CUV e:. Namun yang pasti Honda akan berusaha untuk memenuhi peraturan pemerintah terkait Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) minimum 40%.

“AHM selalu berkomitmen mencapai persyaratan TKDN saat ini 40%, dan itu akan kita penuhi. Kami pastikan kami akan mengikuti standar regulasi pemerintah,” terang Octa dalam acara peluncuran ICON e: dan CUV e: di Cikarang, Rabu (9/10/2024).


Saat ini komponen utama baterai ICON e: dan CUV e: masih didatangkan dari luar negeri. “Untuk baterai yang disematkan di ICON e: dari China. Sedangkan baterai CUV e: didatangkan dari India,” sambung Marketing Director AHM Naoki Kajino.

Sebagai informasi, ICON e: dikembangkan dari produk Honda U-GO yang sebelumnya sudah dipasarkan di China. Honda motor sendiri memiliki beberapa fasilitas riset serta pengembangan yang ada di negara-negara lain, termasuk China dan juga di benua Eropa.

“Untuk kali ini kenapa (ICON e:) dikembangkan dari China, karena untuk base-nya memanfaatkan development model U-GO yang sudah ada di China,” bilang Regional China Product LPL Makoto Mitsukawa.

Selain U-GO, Honda ICON e: juga dikembangkan dari basis Honda EM1 e: dan EM1 e: Plus yang sebelumnya sudah diluncurkan dan dijual resmi di Indonesia sejak akhir tahun lalu.

Sementara itu Honda CUV e: merupakan hasil pengembangan dari SC e: Concept yang sebelumnya dipamerkan perdana di Japan Mobility Show 2023 lalu dan pernah mejeng pada pameran IIMS 2024.

Penamaan CUV e: diambil dari CUV ES (Clean Urban Vehicle Electric Scooter), skuter listrik pertama yang disewakan oleh Honda di tahun 1994. CUV e: dikembangkan dengan konsep kendaraan komuter seperti CUV ES, sebagai skuter listrik yang mewujudkan mobilitas nyaman bagi banyak orang di kota. Sementara huruf ‘e:’ menandakan bahwa ini adalah kendaraan listrik Honda.

(lua/dry)

Membagikan
Exit mobile version