Minggu, September 29


Jakarta

Honda CBR1000RR-R Fireblade terbaru dirilis di Indonesia bertepatan dengan perhelatan MotoGP Mandalika, Rabu (25/9/2024). Harga satu superbike itu setara dengan 43 unit Honda BeAT paling murah.

Model terbaru CBR1000RR-R Fireblade tetap mempertahankan filosofi Total Control yang telah menjadi ciri khasnya. Kekuatan ini dipadukan dengan perubahan desain dan teknis yang meningkatkan performa serta kenyamanan pengendara, menjadikannya salah satu pilihan utama untuk penggemar motor sport.

CBR1000RR-R Fireblade masih dibekali fitur canggih seperti Throttle by Wire, pilihan mode berkendara, sistem pengereman, serta teknologi suspensi dihasilkan dari pengalaman di atas sirkuit.


Pembaruan juga terjadi dari sektor aerodinamika, kini desain winglet baru dirancang untuk menghasilkan downforce lebih besar. Ubahan ini diklaim bisa menambah stabilitas pengereman serta memberikan grip yang lebih konsisten pada bagian depan, terutama saat melewati tikungan berkecepatan tinggi.

Selain itu, desain fairing bawah baru kini mampu mengurangi aliran udara di sekitar ban belakang, yang berdampak positif pada peningkatan handling motor di berbagai situasi berkendara. Desain ini mencerminkan motor balap sejati, memberikan kestabilan lebih baik di kecepatan tinggi serta mengurangi hambatan angin, baik saat akselerasi maupun menikung.

Tangki bahan bakar juga telah diubah bentuknya agar lebih ergonomis, memungkinkan pengendara mendapatkan cengkeraman lutut yang lebih baik dan meningkatkan kapasitas bahan bakar.

“Berbagai ubahan terbaru kami yakini dapat memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan dan menantang, baik di jalan raya maupun sirkuit. Layanan premium kami melalui jaringan Honda Big Wing juga siap mendukung para pengguna CBR1000RR-R Fireblade dengan pengalaman purna jual terbaik,” ucap Direktur Marketing AHM Octavianus Dwi dalam keterangan resminya, Rabu (25/9/2024).

Honda CBR1000RR-R Fireblade Foto: Astra Honda Motor

Pada sektor mesin,kompresi mesin telah ditingkatkan dari sebelumnya 13,4:1 menjadi 13,6:1, yang berkontribusi pada peningkatan performa. Mesin berkapasitas 999,9 cc DOHC 4-silinder inline yang bisa menyemburkan tenaga maksimum 160 kW pada 4.000 rpm dan torsi maksimum 113 Nm pada 12.000 rpm.

Menariknya CBR1000RR-R Fireblade kembali mengusung konfigurasi bore x stroke yang sama dengan RC213V, yaitu 81 mm x 48,5 mm.

Semua fitur pada CBR1000RR-R Fireblade terbaru mencerminkan teknologi mesin dan sasis yang diadopsi dari balap, menjadikannya sebagai “Street-Legal MotoGP Bike.”

Pada sektor pengereman, motor supersport ini dibekali kaliper depan Nissin dengan cakram besar. Anti-Lock Braking System (ABS) yang disematkan menawarkan tiga mode terbaru, yaitu mode Sport, Track, dan Standard untuk menyesuaikan penggunaan di sirkuit mau pun jalan raya.

Fitur-fitur unggulan lain yang memberikan pengalaman berkendara maksimal masih dipertahankan, seperti pengaturan riding mode, kontrol traksi HSTC, serta Wheelie Control untuk menjaga kestabilan saat akselerasi cepat.

Sensor advance Inertia Measurement Unit (IMU) 6-Axis mampu mengukur posisi motor dalam enam axis(sumbu). Peranti ini bekerja bersama Honda Electronic Steering Damper (HESD) yang mempunyai tiga mode pengaturan (hard, medium, soft), berguna untuk menambah stabilitas berkendara pada kecepatan tinggi dan menikung.

AHM menawarkan model terbaru CBR1000RR-R Fireblade STD dengan pilihan warna Honda Tricolor. Motor ini dibanderol harga Rp 798 juta on the road Jakarta. Harga satu motor itu setara dengan 43 Honda BeAT termurah yang sekarang dijual Rp 18.430.000.

(riar/din)

Membagikan
Exit mobile version