Sabtu, September 28


Jakarta

Honda Brio E CVT merupakan mobil LCGC dengan banderol harga termahal dibanding model lainnya. Tapi jangan salah, meski mahal Honda Brio Satya laris manis.

Honda merupakan salah satu pabrikan yang turut mengembangkan mobil LCGC (Low Cost Green Car) sejak tahun 2013 lewat Brio Satya. Sudah 11 tahun berjalan, Honda Brio Satya pun masih eksis.


Bahkan Brio Satya masih sanggup bertahan di tengah sengitnya persaingan pasar otomotif Indonesia. Bisa dilihat, Brio Satya memberikan kontribusi signifikan terhadap penjualan model Brio keseluruhan. Alhasil, Honda Brio (seluruh model) bisa bertengger di daftar mobil terlaris Indonesia setiap bulannya.

Honda Brio Satya ditawarkan dalam tiga varian. Pertama ada Honda Brio Satya S M/T yang dijual seharga Rp 167,9 juta, kedua Honda Brio Satya E M/T dengan banderol Rp 182,8 juta, dan terakhir Honda Brio E CVT seharga Rp 198,3 juta.

Di antara ketiga model itu, Honda Brio Satya E CVT bukan hanya varian termahal di keluarga Brio Satya. ‘Mobil murah’ yang nyaris Rp 200 juta itu juga merupakan mobil termahal dibandingkan model LCGC lainnya.

Meskipun mahal, nyatanya Honda Brio E CVT punya banyak pemikat. Merujuk pada data wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Mei 2024, Brio Satya E CVT distribusinya tembus 2.206 unit. Jika dihitung selama lima bulan tahun 2024, Brio Satya E CVT ini sudah terdistribusi sebanyak 14.116 unit.

Torehan itu merupakan yang terbanyak dibandingkan model LCGC lainnya. Menjadi varian termahal namun bisa laris manis apa saja yang ditawarkan Brio Satya E CVT? Honda Brio Satya termahal itu memiliki LED DRL, desain grille lebih atraktif, velg 14 inch dengan perpaduan warna two tone. Di bagian interior ada Auto Up/Down Window with Anti-Pinch, door lining, dan dashboard dipadu warna abu-abu di bagian roof lining.

Honda Brio Satya menggendong mesin 1.2L i-VTEC 4 silinder yang bertenaga 90 PS. Mesin itu diklaim yang terbesar di kelasnya, sekaligus hemat bahan bakar. Khusus untuk Honda Brio Satya termahal, mesinnya dipasangkan dengan transmisi CVT Earth Dreams Technology. Selain itu juga ada Tweeter Speaker, ECO Assist, serta fitur keselamatan seperti Dual Front SRS Airbags, struktur rangka G-CON + ACE, dan sistem pengereman ABS + EBD.

(dry/din)

Membagikan
Exit mobile version