Selasa, September 24


Jakarta

Hiu Tutul yang terdampar di Pantai Getem, Desa Mojosari, Puger, Jember, mati. Hiu Tutul itu sebelumnya terdampar semalaman sejak Sabtu (21/9) sekitar pukul 19.30 WIB.

Ikan raksasa itu dinyatakan mati pada Minggu (22/9/2024) sekitar pukul 09.00 WIB. Kini, bangkai hiu tersebut masih menunggu bantuan alat berat untuk evakuasi.

“Kondisi yang kami lihat saat ini memang memprihatinkan, dan hiu sudah tidak bergerak, dan kami duga hewan dilindungi ini sudah meninggal. Namun kami akan berusaha sekali lagi menyeret tubuh Ikan hiu ini ke tengah lagi, tadi sempat kita tarik namun minggir kembali,” kata relawan BPBD Jember Viky Renggong.


Petugas Satpolair Polres Jember Aipda Agus Riyanto mengatakan kondisi ikan saat terdampar memang sudah lemah. Upaya mengembalikan ikan ke tengah laut juga tak membuahkan hasil.

“Kami bersama relawan sudah berusaha semaksimal mungkin, dan kondisi ikan sangat lemah dan ini sudah hampir mati. Kami tetap berusaha namun jika memang tidak bisa terselamatkan kami mohon maaf,” ungkap Agus.

Pihaknya kini menunggu alat berat untuk mengevakuasi dan mengubur ikan hiu tutul tersebut. Alat berat diperlukan mengingat ukuran ikan yang sangat besar.

“Karena ikan Hiu Tutul dengan panjang 7 meter ini diperkirakan memiliki bobot 5 ton,” tutupnya.

Baca artikelnya di detikjatim.

(sym/sym)

Membagikan
Exit mobile version