Sabtu, Oktober 19


Jakarta

Banyak orang suka menyimpan stok camilan manis berupa chocolate bar atau cokelat batangan. Namun sering kali cokelat malah disimpan di kulkas, padahal ini bisa memengaruhi kualitasnya.

Cokelat menjadi camilan manis yang kerap diidamkan banyak orang. Rasanya suasana hati semakin bahagia setelah ngemil cokelat. Banyak orang pun mengincar cokelat batangan untuk dijadikan stok.

Dalam menyimpannya, masih banyak orang yang asal-asalan, padahal cokelat butuh disimpan dengan tepat agar kualitasnya terjaga. Umumnya cokelat disimpan di kulkas dan lemari dapur. Namun mana yang lebih baik?


Mengutip Mirror UK (16/10/2024), Joshua Hoston selaku pakar penyimpanan makanan di Household Quotes menjawabnya. Ia mengatakan hindari simpan kulkas di cokelat.

Cokelat tidak disarankan disimpan di kulkas. Foto: Getty Images/GoodLifeStudio

“Menyimpan cokelat di kulkas buruk untuk beberapa alasan. Pertama cokelat dapat dengan mudah menyerap rasa dari makanan lain yang disimpan di kulkas. Kedua, jika cokelat didinginkan maka rasanya bisa hambar,” ujar Joshua.

Risiko lainnya, tampilan cokelat jadi aneh karena berjamur akibat disimpan di suhu dingin seperti kulkas. Joshua menambahkan, “Perubahan warna adalah masalah besar lainnya, ini terjadi ketika uap air di lemari es mengakibatkan ‘mekarnya gula’, yang merupakan tempat gula naik ke permukaan.”

Meskipun cokelat bertahan lama, mulai dari 10 bulan hingga 2 tahun, bergantung pada kandungan susunya, tapi rasanya akan lebih enak tanpa disimpan di kulkas. Lebih baik cokelat disimpan di lemari dapur.

Cokelat lebih baik disimpan di lemari dapur. Foto: Getty Images/GoodLifeStudio

Joshua mengatakan, “Lemari Anda adalah pilihan yang lebih baik selama kering. Sebab uap air dapat memengaruhi rasa secara negatif dari waktu ke waktu. Suhu ideal untuk cokelat adalah antara 12 hingga 18 derajat Celcius karena lebih dari itu dapat menyebabkan cokelat meleleh.”

Ia menambahkan, jika cokelat sudah dibuka sebagian, maka sisanya dapat diselamatkan dengan cara menyimpan yang tepat. Bungkus sisa cokelat dalam wadah atau plastik kedap udara.

“Ini akan membantu melindungi cokelat dari kelembapan dan bau dari luar yang dapat memengaruhi rasa secara negatif,” jelas Joshua.

Hindari juga menyimpan cokelat dengan cahaya terpapar langsung. Cahaya tak hanya bikin cokelat berubah warna, tapi juga rasanya sedikit kurang enak.

(adr/odi)

Membagikan
Exit mobile version