Minggu, September 29

Jakarta

Microwave kerap digunakan untuk menghangatkan makanan. Cara menggunakan yang tepat penting diperhatikan dan hindari beberapa kesalahan yang sering dilakukan.

Microwave merupakan peralatan elektronik yang fungsinya untuk memanaskan makanan dengan memanfaatkan radiasi elektromagnetik dalam frekuensi mikro. Dalam penggunaannya, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.

Mulai dari penggunaan wadah makanan yang tepat untuk memanaskan makanan hingga jenis makanan seperti apa yang bisa dihangatkan. Beberapa kesalahan dalam penggunaan microwave juga kerap dilakukan oleh banyak orang.


Dilansir dari Food NDTV, berikut kesalahan dalam penggunaan microwave yang sering dilakukan:

1. Tak Menutup Makanan

kesalahan yang kerap dilakukan saat menggunakan microwave Foto: Getty Images/iStockphoto

Microwave biasanya digunakan untuk memanaskan makanan dengan cepat. Dalam waktu 30 detik saja, makanan bisa panas kembali. Saat memanaskan makanan, kebanyakan orang tak menutup makanannya.

Alhasil, makanan yang dipanaskan itu menjadi kering. Selain itu, bagian dalam microwave juga menjadi kotor karena cipratan makanan. Namun, saat menutupnya juga harus menyisakan sedikit ruang agar uapnya keluar.

2. Penggunaan Wadah Plastik

kesalahan yang kerap dilakukan saat menggunakan microwave Foto: Getty Images/iStockphoto

Tak semua wadah plastik aman digunakan untuk memanaskan makanan dengan microwave. Jadi, penting untuk memeriksa terlebih dahulu apakah wadah plastik itu memiliki label yang aman untuk microwave.

Beberapa plastik dapat meleleh, bahkan bisa melepaskan bahan kimia berbahaya saat dipanaskan bersama makanan. Peralatan lain yang tak boleh digunakan adalah bahan logam, karena dapat menyebabkan percikan api dan ledakan.

Jadi, jika wadah plastik milikmu tidak memiliki label aman untuk microwave, penting untuk menghindarinya. Lebih baik untuk menggunakan peralatan yang terbuat dari kaca, keramik, atau remah microwave untuk menghindari kecelakaan di dapur.

Simak Video “Atraksi Memasak yang Memukau di Cooking Class Vol. 3
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version