Sabtu, Oktober 12


Jakarta

Restoran seharusnya menjamin kebersihan tempat makannya, tapi tidak dengan restoran-restoran nakal berikut. Mereka melakukan praktik tidak higienis saat mencuci alat masak, menyiapkan menu, hingga menyajikan makanan.

Sudah sepatutnya pemilik dan pegawai restoran memperhatikan betul kebersihan di tempatnya. Kebersihan ini tak hanya soal bahan baku makanan, tapi juga lingkungan tempat menyiapkan sampai menyajikan menu tersebut ke pelanggan.

Jangan sampai restoran viral gara-gara pegawainya melakukan praktik tidak higienis. Kisahnya mendapat sorotan tajam dari netizen karena dianggap membahayakan kesehatan pelanggan dari risiko kontaminasi yang muncul.


Salah satu yang sempat viral adalah restoran rice bowl terkenal di Kuningan, Jakarta Selatan yang pegawainya kedapatan mencuci alat masak di toilet kotor. Kisah ini pertama kali diungkap oleh kritikus makanan, Codeblu.

Codeblu Ungkap Resto Rice Bowl Jorok, Cuci Alat Masak di Kamar Mandi Kotor! Foto: TikTok @codebluuuu

Ia mendapat laporan dari seorang pria anonim yang kebetulan izin menggunakan toilet di gerai restoran rice bowl tersebut. Betapa terkejutnya pria tersebut begitu melihat tumpukan alat masak diletakkan begitu saja di lantai toilet.

Posisi wadah itu berdekatan dengan closet duduk dan closet berdiri khusus pria. Kedua closet itu terlihat kotor dan berkerak.

Insiden ini membuat restoran rice bowl yang dimaksud, Sec Bowl mendapat sorotan tajam dari netizen. Sang pemilik akhirnya minta maaf dan berakhir menutup gerai yang di Kuningan.

Temuan lain seputar restoran jorok juga disampaikan netizen yang melihat pegawai restoran melakukan praktik tidak higienis. Misalnya pegawai sebuah restoran di kawasan Lipis, Malaysia yang sedang mencuci panci.

Jorok! Pegawai Resto Kedapatan Cuci Panci Pakai Sapu Foto: World of Buzz

Kondisi tempat cuci alat masak itu tak layak karena berada di pinggir jalan. Terdapat pula tumpukan alat-alat masak lain di sekitarnya. Yang lebih mengherankan, pria itu mencuci pakai sapu!

Sapu yang biasanya dijadikan alat bersih-bersih lantai digunakan untuk menggosok panci! Pria itu seolah sudah terbiasa melakukan praktik tidak higienis tersebut.

Video yang diunggah di Facebook Lipis Children’s Community itu viral. Alhasil pihak terkait sampai turun tangan menginvestigasi kejadian yang ada.

Sering kali pegawai restoran menyembunyikan fakta betapa joroknya dapur mereka. Namun pada beberapa momen, potret dapur restoran atau sebuah tempat makan itu bisa terlihat jelas.

Jika bersih, tentulah tidak mengapa. Beda cerita, kalau sangat jorok dan membuat mual siapapun yang melihatnya.

Seperti yang dilakukan seorang pedagang makanan di Kampung Dock, Bukit Mertajam, Malaysia. Sehari-hari ia menjual makanan Indonesia, tapi ternyata tempat mengolahnya sangat tidak higienis.

Jorok! Pedagang Simpan Sisa Makanan Tak Laku Sampai Penuh Belatung Foto: Malaysia Gazette via Says

Hasil investigasi pejabat terkait dari Jabatan Kesihatan Negeri Pulau Pinang (JKNPP) menemukan kalau ada 1 bungkus plastik sisa makanan yang ditaruh dekat tempat pedagang masak makanannya.

Plastik itu dipenuhi oleh belatung! Terungkap kalau di dalamnya berisi sisa makanan yang tidak habis dijual malam sebelumnya.

Lebih parahnya lagi, kondisi kulkas milik pedagang tersebut juga sangat kotor. Ada banyak sisa-sisa makanan yang menempel dibiarkan begitu saja.

Tempat mengolah makanannya juga tidak layak dari sisi kebersihan. Makanan ditaruh begitu saja di bawah dengan kondisi lantai penuh bekas minyak. Banyak netizen pun kaget dengan temuan ini.

Selain kisah-kisah di atas, masih banyak kisah restoran jorok yang sempat viral. Kumpulan artikelnya bisa dilihat DI SINI.

(adr/odi)

Membagikan
Exit mobile version