Minggu, Oktober 27


Jakarta

Timnas Arab Saudi telah mengumumkan pengganti Roberto Mancini. Kursi kepelatihan kembali diisi Herve Renard.

Federasi sepakbola Arab Saudi memecat Roberto Mancini pada Kamis (24/10) malam waktu setempat. Mancini sedianya dikontrak sejak musim panas 2023 dan masa baktinya sampai empat tahun ke depan.

Arab Saudi besutan Mancini gagal di Piala Asia Januari lalu dengan gugur di babak 16 besar. Laju Arab Saudi juga tidak sip di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunai 2026.


Herve Renard kemudian didatangkan lagi untuk membesut Arab Saudi. Pelatih asal Prancis itu pun harus segara mempersiapkan tim untuk tampil di ajang lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada November mendatang.

“Saya kembali,” kata Renard, pelatih 56 tahun, yang mengenakan kostum tradisional Saudi, dalam sebuah video di akun media sosial X milik Timnas Arab Saudi, dikutip dari Reuters.

“Saya tidak bermaksud pergi. Namun, ketika negara Anda mengetuk pintu Anda, Anda harus menanggapinya. Saya belum menyelesaikan cerita dengan Saudi. Dan syukurlah, saya sudah kembali,” sambungnya.

Herve Renard pernah membesut Arab Saudi pada September 2019 sampai Maret 2023 sebelum menerima tawaran melatih Timnas Putri Prancis. Ada 45 laga yang dimainkan dengan catatan 20 menang, 10 imbang, dan 15 kalah.

Catatan fantastis Arab Saudi di bawah besutan Herve Renard ada di Piala Dunia 2022. Arab Saudi kala itu mampu mengalahkan Argentina 2-1.

Arab Saudi bertandang ke markas Australia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 14 November mendatang. Lima hari selanjutnya mereka bertamu ke markas Indonesia.

(ran/ran)

Membagikan
Exit mobile version