Senin, September 30


Banjarnegara

Fenomena alam embun es di kompleks Candi Arjuna Dieng, Banjarnegara menjadi magnet baru bagi wisatawan. Mereka heran, masih di pulau Jawa kok ada salju?

Hingga saat ini, sejumlah wisatawan rela untuk melawan hawa dingin hanya demi melihat embun es tersebut. Salah satunya adalah Danang, wisatawan asal Cilegon, Banten.

Ia mengaku heran dengan fenomena alam embun beku yang terjadi di Dieng itu. Mumpung liburan anak sekolah, ia bersama keluarga pun berangkat ke Dieng.


“Awalnya saya lihat katanya ada es di Dieng. Ini mumpung liburan anak sekolah saya sengaja datang ke sini. Ternyata beneran ada. Masa masih di (pulau), Jawa tapi sudah ada es,” ujarnya saat ditemui di kompleks Candi Arjuna Dieng, Jumat (21/6/2024).

Ia mengaku beruntung bisa melihat langsung embun es di Dieng. Sebab, munculnya embun beku ini tidak selalu terjadi setiap hari.

“Saya baru pertama melihat embun beku di Dieng. Katanya ini kan tidak setiap hari tapi ini saya baru pertama dan langsung bisa melihat embun es,” kata dia.

Namun demikian, ia mengaku merasa sangat kedinginan. Dinginnya suhu udara sudah ia rasakan sejak Kamis (20/6) sore.

“Sampai di Dieng kemarin sore dan memang dingin banget. Apalagi tadi pagi itu lebih dingin,” tuturnya.

Wisatawan lain asal Tulungagung Jawa Timur, Jojo juga mengaku senang bisa melihat embun es. Ia sudah berada di Dieng dua malam, sehingga bisa melihat fenomena alam ini sebanyak dua kali.

“Alhamdulillah kemarin sudah melihat, terus pagi ini masih penasaran jadi mau lihat lagi. Tapi embun esnya yang hari ini lebih tipis dibandingkan kemarin,” ujarnya.

Sebelumnya, ia sempat berkunjung ke Dieng untuk melihat embun es. Sayangnya saat itu ia bersama keluarga belum beruntung.

“Tahun 2019 pernah ke Dieng tapi belum beruntung. Mungkin salah waktunya,” imbuhnya.

——–

Artikel ini telah naik di detikJateng.

(wsw/wsw)

Membagikan
Exit mobile version