Sabtu, Juli 6


Jakarta

Pecah ban dialami oleh sejumlah pengguna Kijang Innova Zenix Hybrid. Akankah Toyota mengganti ban bawaan pada Innova Zenix Hybrid?

Kijang Innova Zenix Hybrid mengalami pecah ban. Insiden pecah ban ini dikeluhkan beberapa pengguna Kijang Innova Zenix di grup Facebook Kijang Innova Zenix / Hybrid Fans & Owners. Beberapa mengatakan sebelum perjalanan, tekanan mobil normal dan kerap melakukan pengecekan rutin. Namun tanpa disangka, ban belakang mobil pecah.

Dalam investigasi yang dilakukan Toyota bersama Dunlop, ditemukan dinding samping ban belakang kanan rusak tergilas antara velg (rim) dengan permukaan jalan.


“Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya karena ban mengalami kekurangan tekanan angin, bisa jadi karena terkena benda asing ketika perjalanan sehingga tekanan ban terus berkurang sampai kempis hingga velg (rim) kena permukaan jalan. Hal ini lah yang mengakibatkan dinding samping ban terpotong secara melingkar,” terang Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy saat dikonfirmasi detikOto, Rabu (3/7/2024).

Diketahui, saat ini Innova Zenix Hybrid menggunakan ban dari Dunlop. Mengutip laman Dunlop Indonesia, Dunlop menyediakan produk OEM (Original Equipment Manufacturer) untuk Kijang Innova Zenix dari tipe G bensin hingga tipe Q yang mengusung mesin hybrid. Lalu dengan adanya insiden ini, akankah Toyota mengganti ban bawaan untuk Kijang Innova Zenix?

“Keselamatan konsumen sangat lah penting, kami sedang komunikasi intens dengan pihak prinsipal tentang hal ini,” ujar Anton soal kemungkinan mengganti ban bawaan pada Innova Zenix.

Pengguna Innova Zenix diminta untuk melakukan pengecekan ban secara rutin. Pastikan tekanan ban sesuai anjuran. Mengutip laman buku panduan manual Kijang Innova Zenix, ban berukuran 16 inci dengan jumlah penumpang hingga 6 orang ban depan tekanannya 33 psi dan ban belakang 33 psi. Kemudian bila diisi lebih dari tujuh penumpang ban depan tekanan 33 psi dan ban belakang 36 psi.

Untuk ban ring 17 inci, bila penumpang hingga 6 orang tekanan ban depan 33 psi dan ban belakang 33 psi. Kalau penumpang lebih dari 7 orang, tekanan ban depan 33 psi dan belakang 36 psi.

Untuk ban ring 18 inci, bila penumpang hingga 6 orang tekanan ban depan 33 psi dan ban belakang 33 psi. Kalau penumpang lebih dari 7 orang, tekanan ban depan 33 psi dan belakang 36 psi.

(dry/rgr)

Membagikan
Exit mobile version