Senin, Oktober 7

Jakarta

HBO membuat sebuah dokumenter yang diklaim akan mengungkap identitas Satoshi Nakamoto, sosok pencipta Bitcoin yang selama ini jati dirinya misterius.

Dokumenter berjudul Money Electric: The Bitcoin Mystery ini dibuat oleh Cullen Hoback, pembuat film yang dikenal lewat investigasinya soal teori konspirasi QAnon. Dokumenter soal Satoshi Nakamoto ini akan ditayangkan pada 8 Oktober mendatang.

Jati diri Satoshi Nakamoto sudah bertahun-tahun tak terungkap. Yaitu sejak white paper Bitcoin dipublikasikan pada 2008, dan kemudian ia membantu mengembangkan sistemnya, sampai akhirnya menghilang pada 2010.


Menariknya, menjelang tanggal penayangan dokumenter ini, ada beberapa dompet Bitcoin yang sudah berumur mendadak jadi aktif. Dari dompet tersebut ada aktivitas pemindahan Bitcoin senilai USD 15 juta. Padahal, dari dompet tersebut tak pernah ada aktivitas sejak tahun 2009, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Minggu (6/10/2024).

Sudah banyak usaha untuk mengungkap identitas Satoshi. Misalnya pada 2014 ada seorang jurnalis yang menyebut Dorian Nakamoto sebagai pembuat Bitcoin, namun tudingan itu ditepis.

Lalu pada 2016 ada seorang warga negara Australia bernama Craig Wright yang mengaku bahwa dirinya adalah Satoshi, namun ia tak bisa memberikan bukti-bukti yang kuat. Bahkan pengadilan di Inggris kemudian menyatakan bahwa Wright bukanlah Satoshi.

Bahkan pada tahun 2021, bos Tesla dan SpaceX Elon Musk pernah menyebut bahwa Satoshi itu adalah seorang pria bernama Nick Szabo. Ia adalah ilmuwan komputer dan cryptographer yang membantu mengembangkan bentuk awal dari mata uang kripto, yang bernama bit gold.

Meski ciptaannya itu pada akhirnya tidak berhasil menjadi populer, banyak yang menilainya sebagai cikal bakal dari Bitcoin. Teknologi yang ia cetuskan juga dipakai sebagai fondasi blockchain Ethereum.

Mengungkap jati diri Satoshi diperkirakan akan punya dampak yang sangat luas. Misalnya saja akan berdampak pada nilai Bitcoin dan mata uang kripto lain, juga berdampak pada regulasi terhadap mata uang kripto.

Namun yang jelas komunitas kripto akan sangat kritis terhadap klaim yang dilakukan dalam dokumenter HBO tersebut. Banyak dari mereka akan meminta bukti yang konkrit sebelum bisa menerima klaim tersebut.

(asj/asj)

Membagikan
Exit mobile version