Minggu, Oktober 27


Jakarta

Seri ke-18 MotoGP musim 2024 sudah selesai dilangsungkan di Chang International Circuit, Thailand pada Minggu (27/10/24) ini. Francesco ‘Pecco’ Bagnaia keluar sebagai juara dan Jorge Martin di urutan kedua.

Kemenangan Pecco Bagnaia di Thailand diwarnai dengan banyak cerita serta drama. Lantas seperti apa jalannya lomba dan hasil lengkap MotoGP Thailand 2024? Simak ulasannya!

Balapan di Thailand jadi seri yang sangat vital bagi Pecco Bagnaia dan Jorge Martin. Pertarungan sengit antara pebalap Italia vs Spanyol ini menjadi fokus utama banyak penggemar MotoGP.


Sebelum pertarungan sengit dimulai, langit Chang International Circuit seperti ingin memberi tantangan lebih. “Wet Race,” tulisan yang ditampilan oleh Steward MotoGP untuk balapan kali ini.

Drama pertama langsung terjadi sesaat sebelum start dimulai. Saat para pebalap baru keluar dari pit untuk menjalani Sighting Lap, adik kandung Marc Marquez, Alex Marquez terjatuh.

Alex langsung kembali ke pit untuk mengganti motornya dan ia terpaksa melakoni balapan tanpa motor cadangan. Kondisi ini tentu menyulitkan jika balapan berlangsung flag-to-flag. Namun untungnya ia masih dapat berlaga, meski harus start dari grid paling belakang.

Start! Begitu balapan dimulai Jorge Martin langsung melesat menuju tikungan satu untuk meraih holeshot. Pecco Bagnaia memulai balap dengan kurang mantap, sehingga harus tergeser ke posisi kedua.

Sementara di posisi ketiga lap pertama ada nama Marc Marquez dan yang menariknya, lepas start ada satu nama yang tak diduga-duga, ia adalah Quartararo yang menghuni posisi keempat.

Drama berikutnya terjadi saat balapan baru berlangsung empat lap. Pebalap Pertamina VR46, Marco Bezzecchi crash ditikungan pertama. Sesaat kemudian, di tikungan keenam terjadi insiden antara Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo. Insiden ini yang membuat Quartararo tak dapat melanjutkan perjuangannya di posisi terdepan.

Lantas beberapa saat setelah insiden Quartararo-Morbidelli, tiba-tiba Jorge Martin melebar. Ia melakukan kesalahan di lap ke-5 saat masuk tikungan pertama. Kesalahan ini membuatnya mundur ke posisi ketiga dan harus melawan Marquez terlebih dahulu untuk menaklukkan Pecco.

Meski hujan, tensi pertarungan terasa sangat panas. Beberapa pebalap tampak tak dapat menahan laju motornya di atas permukaan sirkuit yang basah. Hingga lap ke-8, nama Lorenzo Savadori dan Raul Fernandez sudah geser ke daftar pebalap yang DNF.

Tikungan ke-8 Chang International Circuit memang angker. Franco Morbidelli jadi korban tikungan ini dan kecelakaan mengalami low side crash. Beberapa saat kemudian, Enea Bastianini mengalami masalah pada motornya di tikungan ini.

Selain karena tak sedikit pebalap yang crash, MotoGP Thailand 2024 menjadi sangat seru karena kejar-kejaran antara pebalap tiga besar. Pecco Bagnaia mencoba bermain bertahan untuk tetap finish di posisi terdepan. Namun Marquez di urutan kedua juga tak patah arang untuk mencuri posisinya.

Beberapa kali senggolan dan manuver ‘berbahaya’ terjadi. Namun hingga pertengahan lomba, tepatnya di lap ke-13, posisi terdepan masih sama urutannya Pecco, Marquez, Martin, dan di posisi empat-lima ada duo pebalap KTM yakni Miller dan Binder.

Namun posisi itu tak bertahan lama. Di lap ke-14, tepatnya di tikungan kedua, Marc Marquez kehilangan kendali akan motornya saat belok ke kanan. Ia merelakan posisi kedua dan membuat genderang perang antara Martin dan Pecco bunyi kembali.

Setelah insiden Marquez celak, Martin sejatinya punya peluang untuk merebut posisi terdepan dari Pecco Bagnaia. Namun nyatanya, tak ada drama atau bahkan pertarungan hebat yang terjadi antara posisi satu-dua.
Hingga balapan tersisa tiga lap, posisi satu-dua cenderung tentram. Pertarungan sengit justru terjadi di belakangnya untuk mengicar posisi tiga-empat-lima, antara pebalap KTM.

Pedro Acosta bermain ngotot, ia berhasil melewati Brad Binder dan masuk ke posisi keempat. Bahkan saat balapan tersisa dua lap, pebalap rookie ini mencoba mencuri posisi pebalap senior, Jack Miller. Side-by-side antara KTM RC16 tak terhindarkan.

Di lap terakhir, Pecco Bagnaia masih jadi yang terdepan. Gap-nya dengan Martin lebih dari 2 detik dan membuatnya tinggal jaga pace. Di sisi lain urutan belakangnya berubah. Pedro Acosta berhasil mengamankan posisi ketiga. Jack Miller justru kendor ke urutan kelima dan berhasil dilewati oleh Fabio Di Giannantonio.

Akhirnya kemenangan Pecco di MotoGP Thailand membuatnya berhasil meraih poin penuh. Gap-nya dengan Jorge Martin di klasemen sementara hanya tersisa 17 angka. Pertarungan menjadi sangat sengit di sisa dua seri terakhir.

Hasil MotoGP Thailand 2024

  1. Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP24)
  2. Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP24)
  3. Pedro Acosta SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)
  4. Fabio Di Giannantonio ITA VR46 Ducati (GP23)
  5. Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)
  6. Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
  7. Maverick Viñales SPA Aprilia Racing (RS-GP24)
  8. Johann Zarco FRA LCR Honda (RC213V)
  9. Aleix Espargaro SPA Aprilia Racing (RS-GP24)
  10. Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP23)
  11. Marc Marquez SPA Gresini Ducati (GP23)
  12. Luca Marini ITA Repsol Honda (RC213V)
  13. Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
  14. Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo (GP24)
  15. Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V)
  16. Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)

DNF
Augusto Fernandez SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)
Alex Rins SPA Monster Yamaha (YZR-M1)
Lorenzo Savadori ITA Aprilia Racing (RS-GP24)
Franco Morbidelli ITA Pramac Ducati (GP24)
Raul Fernandez SPA Trackhouse Aprilia (RS-GP24)
Marco Bezzecchi ITA VR46 Ducati (GP23)

(mhg/riar)

Membagikan
Exit mobile version