Senin, September 23


Jakarta

Enea Bastianini, rider Ducati menang secara dramatis di balapan MotoGP Emilia Romagna 2024, Minggu (22/9/2024). Dia mengungguli Jorge Martin sebagai runner up dan Marc Marquez yang melengkapi podium tiga.

Balapan ke-14 musim ini diselenggarakan di Misano World Circuit Marco Simoncelli. Saat lampu start dinyalakan, Bagnaia memulai dengan bagus. Dia langsung ngacir memimpin jalannya balapan. Bagnaia diikuti Jorge Martin, dan Enea Bastianini.

Brad Binder memulai start posisi empat namun terlempar motornya lebih cepat. Dia mengalami crash di tikungan 5 saat baru memasuki lap kedua. Binder lanjut balapan, membuat posisinya melorot ke-19.


Posisi start masih sama hingga balapan keempat. Sementara Marc Marquez yang memulai balapan dari posisi ketujuh berhasil memperbaikinya dengan naik ke posisi lima.

Pada lap kempat, serangan Jorge Martin berhasil menyalip Bagnaia. Satu lap berikutnya, Enea Bastianini ikut mengasapi Bagnaia.

21 lap tersisa, Jorge Martin yang memimpin balapan berhasil membuat jarak 0,787 detik dari Bastianini. Sedangkan Bagnaia yang berada di tempat ketiga berjarak 0,981 detik dari Bastianini.

Posisi lima besar ditempati Pedro Acosta dengan berjarak 0,739 detik dari Marc Marquez.

Pedro Acosta harus crash di tikungan 15 setelah melahap 10 putaran. Rider muda Spanyol itu tidak lanjut balapan dan balik ke garasi.

Praktis, Marquez langsung naik ke posisi empat. The Baby Aliens punya jarak yang mesti dipangkas untuk mengejar Bagnaia, 1,395 detik!

Fabio Quartararo, rider Yamaha Monster Energy juga memperbaiki posisi. Dia yang start dari posisi 9 bisa tembus di tempat keenam.

15 putaran tersisa Martin nampak menjanjikan bakal menang MotoGP Emilia Romagna 2024. Dia meninggalkan jauh Bagnaia, tapi masih dikuntit oleh Enea Bastianini dengan jarak 0,728 detik.

Marc Marquez belum bisa memangkas waktu dari Bagnaia untuk ambil podium tiga. Malah jaraknya makin jauh jadi 1,543 detik.

11 lap tersisa, Bagnaia yang masih mengejar Martin dan Bastianini berhasil menorehkan waktu 1 menit 30,877 detik. Bagnaia mencatatkan waktu tercepatnya.

Perebutan posisi pertama makin tipis jaraknya. La Bestia terus menguntit Martin, selisih waktunya cuma 0,294 detik. Balapan masih tersisa tujuh putaran lagi, Bastianini terus mencari celah untuk menyalip Martin.

Namun petaka menimpa Bagnaia. Dia mengalami crash saat balapan menyisakan 7 putaran lagi. Bagnaia terjatuh di tikungan delapan.

Sorot kamera menampilkan garasi Ducati Lenovo. Pera petinggi Ducati Gigi Dall’Igna dan Davide Tardozzi terkejut dengan insiden tersebut. Bagnaia harus pulang dengan poin nol saat balapan di kandang.

Dengan jatuhnya Bagnaia, praktis Marc Marquez naik ke posisi tiga.

Balapan terus berlanjut. Tidak mudah bagi Martin untuk mempertahankan posisi terdepan. Bastianini terus menyerang Martin di putaran-putaran akhir. Balapan sengit tersaji antara orang Spanyol vs Italia.

Drama terjadi pada saat last lap. Martin terus dikejar Bastianini. Mereka nyaris kontak di putaran terakhir, Martin terdorong keluar dari racing line. Bastiani langsung ngacir memimpin jalannya balapan.

Puncaknya Bastianini menang balapan secara dramatis MotoGP Emilia Romagna 2024. Dia menyentuh garis finis pertama, diikuti Martin dan Marc Marquez yang melengkapi podium.

Hasil MotoGP Emilia Romagna 2024:

1. Jorge Martin
2. Enea Bastianini
3. Marc Marquez
4. Marco Bezzecchi
5. Franco Morbidelli
6. Maverick Vinales
7. Fabio Quartararo
8. Aleix Espargaro
9. Alex Marquez
10. Miguel Oliveira
11. Joan Mir
12. Luca Marini
13. Raul Fernandez
14. Fabio Diggiannantonio
15. Johann Zarco
16. Jack Miller
17. Takaaki Nakagami
18. Augusto Fernandez
19. Brad Binder

DNF atau tidak finis

Bagnaia
Pedro Acosta

(riar/lua)

Membagikan
Exit mobile version