Selasa, Juli 2


Jakarta

Hasil MotoGP Belanda 2024 sudah bisa disimak. Francesco Bagnaia jadi pemenangnya, disusul Jorge Martin mengisi tempat kedua, dan Enea Bastianini melengkapi tiga besar.

MotoGP Belanda 2024 digelar sebanyak 26 putaran di Sirkuit Assen, Minggu (30/6/2024). Pada starting grid, Francesco Bagnaia menempati pole, Jorge Martin turun dari grid kedua ke posisi kelima, – lantaran mendapat pinalti saat kualifikasi 2 (Q2), Maverick Vinales maju ke posisi kedua, Alex Marquez ke baris depan di posisi ketiga.

Lanjut, Aleix Espargaro mundur dari balapan. Posisi empat lalu ditempati Fabio Di Giannantonio.


Selanjutnya 10 besar diisi Marc Marquez, Franco Morbidelli, Brad Binder, Pedro Accosta, dan Enea Bastianini.

Posisi 11 hingga 21 secara berurutan ditempati oleh Raul Fernandez, Fabio Quartararo, Jack Miller, Marco Bezzecci, Alex Rins, Miguel Oliveira, Johann Zarco, Joan Mir, Luca Marini, Augusto Fernandez, dan Takaaki Nakagami.

Balapan dimulai, Francesco Bagnaia langsung ngacir terdepan memimpin balapan.

Jorge Martin menjalani start oke, dia turut mendobrak, Martinator yang start P5 langsung mengambil tempat tiga besar. Selepas tikungan pertama, Martin menjadi rider kedua, dia menyalip Maverick Vinales.

Nahas bagi Alex Rins, satu lap belum selesai. Dia terlempar keluar setelah melewati tikungan pertama.

Posisi Vinales kembali melorot saat balapan memasuki lap kedua. Marc Marquez dengan percaya diri yang start dari P5 berhasil mengamankan posisi tiga besar. Usai disalip The Baby Aliens, Vinales mengisi P4.

Pada lap keempat, Marco bezzecchi harus memarkirkan motornya lebih cepat. Dia terjatuh, dan bangkit kembali tetapi motor Desmosedici GP23 kelir kuningnya mengeluarkan asap putih. Bezzecchi masuk ke dalam pit.

Aleix Marquez yang memulai balapan dari posisi tiga harus terdepak keluar lima besar.

Masuk lap ketujuh, Vinales makin turun posisinya setelah disalip Fabio Di Giannantonio di trek lurus. Aprilia diasapi Desmosedici GP23.

20 lap tersisa, Joan Mir mengalami crash saat masuk tikungan empat. Saat itu Joan Mir berada di P15.

Diggia tampil meyakinkan. Rider Pertamina Enduro VR46 itu berhasil menyalip Marquez dari sisi dalam untuk berebut tempat ketiga.

Posisi lima besar hingga lap kesembilan secara berurutan ditempati Bagnaia, Martin, Diggia, Marquez, dan Vinales.

17 lap tersisa, Bagnaia konsisten di posisi depan, dia berjarak dengan Martin hanya 0,997 detik! sedangkan Martin ke Diggia punya gap 2,643 detik. Marquez terus menempel posisi tiga, dibuntuti Vinales dan Accosta.

Masuk lap ke-15, posisi depan menyisakan gap makin jauh. Jarak Bagnaia ke Martin jadi 1,408 detik. Sedangkan Martin ke Diggia jadi 4,018 detik. Bagnaia nampaknya sudah pasti mengunci kemenangan.

Marquez terus membuntuti Diggia. Tapi rider Spanyol itu belum menemukan celah!

Fabio Quartararo bertarung di luar 10 besar. Dia mengisi tempat 13, tepat di belakang Raul Fernandez, Morbidelli, dan Jack Miller. Posisi zona poin saat 8 lap tersisa ditempati Augusto Fernandez, dan Johann Zarco.

Perebutan tempat ketiga mulai sengit, Maverick Vinales melakukan manuver untuk menyalip Diggia dan Marquez. Dia berhasil merebut posisi tiga.

Tak ketinggalan Bastianini, saat masuk lap ke-20, Bastianini beraksi dengan menyalip Diggia. Dia mengambil posisi lima.

Bastianini mulai agresif, lap ke-21 dia juga memburu Marquez. Berhasil! rekan setim Bagnaia itu mengisi tempat keempat dan membuntuti Vinales untuk bisa mengunci podium.

Empat lap terakhir, Bastianini berhasil menyalip Vinales di tikungan terakhir Sirkuit Assen. Setelah itu, Bagnaia memanfaatkan kekuatan motor Ducati di trek lurus.

Dua lap lagi balapan selesai, Bagnaia konsisten di posisi pertama. Martin tidak bisa mengejarnya, Bastianini juga belum aman dari incaran Vinales.

Last lap! Francesco Bagnaia tanpa noda terus berada di depan dengan jarak 2,991 detik dari posisi dua.

Pedro Accosta mengalami crash! dia tidak berhasil finis padahal tinggal putaran terakhir. Yellow flag berkibar di sektor dua dan tiga. Accosta saat itu berada di posisi tujuh.

Bagnaia akhirnya tuntaskan balapan yang diikuti Martin di tempat kedua, dan Bastianini tampil agresif, start dari P10 berhasil menutup podium ketiga. Ini menambah rekor Bagnaia sebagai rajanya Sirkuit Assen!

Hasil MotoGP Belanda 2024:

1. Francesco Bagnaia
2. Jorge Martin
3. Enea Bastianini
4. Maverick Vinales
5. Marc Marquez
6. Fabio Digiannantonio
7. Brad Binder
8. Alex Marquez
9. Raul Fernandez
10. Franco Morbidelli
11. Jack Miller
12. Fabio Quartararo
13. Augusto Fernandez
14. Johann Zarco
15. Miguel Oliveira
16. Takaaki Nakagami
17. Luca Marini

DNF

Alex Rins
Joan Mir
Pedro Accosta
Marco Bezzecchi

(riar/lua)

Membagikan
Exit mobile version