Sabtu, Oktober 19


Solo

Persis Solo menang comeback atas Borneo FC Samarinda pada pekan ke-8 Liga 1 2024/25. Laskar Sambernyawa beri kekalahan perdana Pesut Etam musim ini.

Permainan saling serang diperagakan kedua tim sejak laga dimulai di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (19/10/2024). Borneo sudah mengancam lewat aksi Leo Gaucho yang menggiring bola ke gawang tanpa pengawalan, namun bola berhasil dipotong kiper Persis Muhammad Riyandi.

Persis membalas lewat Moussa Sidibe yang berhasil lepas dari kawalan pemain belakang Borneo pada menit ke-5. Sudah berhadapan dengan kiper, tembakan Moussa masih belum menemui sasaran.


Borneo juga membalas menekan melalui tusukan Kei Hirose pada menit ke-9 dengan melakukan manuver hingga masuk ke areal kotak penalti Persis. Kei memberikan umpan kepada Fajar Fathurrahman yang disambut dengan tembakan keras dari luar kotak penalti, namun bola masih melayang jauh.

Pesut Etam kembali memberikan tekanan pada menit ke-13 melalui aksi Mariano Ezequiel yang memberikan umpan lambung. Bola berhasil ditanduk oleh Leo Gaucho, namun kembali digagalkan Riyandi.

Tim tamu unggul 1-0 lewat proses tendangan sudut yang diambil oleh Stefano Lilipaly pada menit ke-15. Bola ditanduk Gabriel Vinicius yang kali ini gagal dimentahkan Riyandi,

Persis berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-34. Moussa yang menerima umpan tarik dari Althaf, mampu menguasai bola dan melepaskan tembakan keras yang tak mampu dibendung kiper Borneo Nadeo Argawinata.

Tiga menit jelang babak pertama berakhir, tim tamu kembali unggul 2-1. Lilipaly memberi umpan tarik yang mampu disempurnakan oleh Leo Gaucho.

Di babak kedua, Persis menunjukkan permainan agresif untuk menyamakan kedudukan. Gonzalo Sebastian melepaskan tendangan keras yang mampu ditepis Nadeo pada menit ke-56.

Dua menit berselang Persis bertubi-tubi melancarkan ancaman ke gawang Borneo. Pertama lewat upaya Sho Yamamoto, Eduardo Lecke, hingga Sidibe yang belum membuahkan hasil.

Peluang terbaik didapat Sidibe yang melepaskan tendangan lemah ke gawang kosong. Secara heroik bola berhasil ditahan Gabriel Furtado tepat di garis gawang.

Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya didapat Persis lewat proses kerja sama cantik. Risky Dwi melepaskan umpan silang terukur, Karim Rossi sukses menanduk bola ke gawang untuk membuat skor menjadi imbang 2-2.

Persis yang mendapatkan momentum sukses membalikkan keadaan menjadi 3-2. Lewat proses serangan balik, Sananta mengirim bola ke depan gawang yang sukses dikonversi Arkhan Kaka di akhir waktu normal.

Skor itu bertahan hingga laga usai sehingga Persis mendapat tambahan tiga poin. Namun Persis tidak beranjak dari peringkat ke-15 dengan 7 poin, Borneo tetap di posisi ke-4 dengan 15 angka.

Susunan pemain

Persis Solo: 1-Muhammad Riyandi; 22-Sutanto Tan, 2-Mochammad Zaenuri (Ripal Wahyudi46′) 3-Eduardo Lecke (Rian Miziar 71′); 36-Althaf Indie, 20-Gonzalo Sebastian, 14-Sho Yamamoto, 37-Muhammad Faqih (Rizky Dwi 71′); 25-Moussa Sidibe, 10-Karim Rossi (Arkhan Kaka 82′), 6-Abdul Azis (Ramadhan Sananta 46′)

Borneo FC Samarinda: 25-Nadeo Argawinata; 56-Fajr Fathurrahman, 5-Gabriel Vinicius (Rahmad Dandy 86′), 22-Christophe Nduwarugira, 15-Leo Guntara (Komang Teguh 86′); 66-Muh. Dwiki (Rivaldo Enero 60′), 97-Rosembergne Da Silva (Muhammad Sihran 85′), 8-Kei Hirose; 23-Mariano Ezequiel, 9-Leonardo Andriel, 14-Stefano Lilipaly (Terens Puhiri 67′)

(mro/bay)

Membagikan
Exit mobile version