Sabtu, Oktober 5


Jakarta

Pebalap Pramac Racing asal Spanyol, Jorge Martin meraih pole position di kualifikasi MotoGP Jerman 2024, Sabtu (6/7). Dia mencatatkan waktu terbaik 1 menit 19,423 detik atau unggul 0,048 detik dari Miguel Oliveira di tempat kedua.

Ketika putaran pertama, Raul Fernandez langsung gaspol dengan mencatatkan waktu terbaik 1 menit 19,643 detik. Dia dibuntuti Alex Marquez dan Francesco Bagnaia yang catatan waktunya hanya berjarak kurang dari 0,3 detik.

Namun, Fernandez tak bertahan lama menempati urutan pertama. Sebab, di putaran kedua, Jorge Martin mampu melampaui catatan waktu terbaiknya. Kemudian di saat yang sama, Bagnaia merosot ke urutan keempat.


Kualifikasi MotoGP Jerman 2024. Foto: REUTERS/Gonzalo Fuentes

Hingga pertengahan kualifikasi kedua (Q2), posisi sepuluh besar nyaris tak ada perubahan. Para pebalap Ducati dan KTM tetap mendominasi. Pergeseran posisi baru terlihat ketika sesi tersebut memasuki tiga menit terakhir.

Miguel Oliveira yang sejak awal tertahan di barisan tengah tiba-tiba mencatatkan waktu terbaik kedua di kualifikasi. Dia hanya berselisih 0,048 dari Martin di posisi terdepan. Namun, hingga akhir sesi, dia tetap tak mampu mengejar rider Spanyol tersebut.

Kualifikasi MotoGP Jerman 2024. Foto: SOPA Images/LightRocket via Gett/SOPA Images

Pada akhirnya, Jorge Martin tetap meriah pole position, kemudian Miguel Oliveira di tempat kedua dan Raul Fernandez di posisi ketiga. Sementara Maverick Vinales yang crash di tiga menit terakhir tetap mampu mengamankan posisi ketujuh.

Berikut Hasil Kualifikasi MotoGP Jerman 2024

  1. Jorge Martin
  2. Miguel Oliveira
  3. Raul Fernandez
  4. Francesco Bagnaia
  5. Alex Marquez
  6. Franco Morbidelli
  7. Maverick Vinales
  8. Fabio Diggia
  9. Enea Bastianini
  10. Pedro Acosta
  11. Brad Binder
  12. Marco Bezzecchi
  13. Marc Marquez
  14. Fabio Quartararo
  15. Augusto Fernandez
  16. Jack Miller
  17. Takaaki Nakagami
  18. Luca Marini
  19. Johann Zarco
  20. Joan Mir.

(sfn/dry)

Membagikan
Exit mobile version