Kamis, Oktober 3


Jakarta

Kualifikasi MotoGP Assen 2024 sudah dilangsungkan pada Sabtu (29/6/24) di Sirkuit TT Assen, Belanda. Francesco Bagnaia berhasil jadi yang tercepat, disusul oleh Jorge Martin, dan Maverick Vinales.

Menariknya, pada sesi kualifikasi MotoGP Assen 2024 ini banyak drama yang terjadi. Bahkan nama Marc Marquez pun turut menjadi sorotan di menit akhir. Seperti apa jalannya sesi kualifikasi ini?

Kualifikasi MotoGP Assen 2024 dimulai dengan sesi kualifikasi pertama atau Q1. Pada sesi ini, di lima menit pertama Fabio Di Giannatonio, Pedro Acosta, Fabio Quartararo, Marco Bezzecchi, hingga Miguel Oliveira langsung mencatatkan namanya di papan atas.


Namun sesi Q1 ini sempat dihiasi drama. Di mana, Marco Bezzecchi harus rela kembali ke pit lebih cepat, lantaran crash di pertengahan sesi. Beruntung pebalap tim VR46 Ducati ini sempat mencatatkan waktu yang bagus di putaran awal.

Tak sampai di situ, pebalap muda tim Red Bull GASGAS Tech3, Pedro Acosta juga kecelakaan di menit akhir. Kendati demikian, Acosta tetap berhasil menjadi yang tercepat di sesi Q1. Pebalap asal Spanyol ini berhasil mencatatkan waktu tercepat pada lap ke-7 dari 9 kali putaran.

Sementara di posisi kedua sesi Q1, ada Fabio Di Giannantiono. Ia menemani Acosta untuk mengarungi sesi kualifikasi kedua atau Q2 dan mencoba meraih grid terbaik.

Di sesi Q1 ini, Fabio Quartararo sempat memiliki peluang untuk melaju ke Q2. Namun pebalap Yamaha ini, terpaut lebih lama 0,023 detik dari Di Giannantonio.

Lanjut di sesi kualifikasi kedua atau Q2, tepatnya di lima menit pertama nama Jorge Martin, Francesco Bagnaia, Marc Marquez, dan Aleix Espargaro jadi yang tercepat.

Sampai waktu tersisa 6 menit, Jorge Martin masih jadi yang tercepat. Pebalap Pramac Ducati ini berhasil membawa GP24 menyelesaikan satu putaran dalam waktu 1:30.877.

Catatan waktu yang ditorehkan oleh Jorge Martin di Q2 MotoGP Assen 2024 ini memecahkan rekor lap tercepat di Assen. Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh Bagnaia yang berhasil meraih 1:31.340.

Namun rekor Martin tersebut tak bertahan lama. Bagnaia berhasil kembali memecahkan rekor tercepat di Sirkuit Assen dengan catatan waktu 1:30.540.

Menariknya, saat waktu tersisa 4 menit, nama Di Giannantonio berhasil menembus urutan ketiga. Pebalap muda yang sudah berjuang di Q1 ini ternyata berhasil mencatatkan waktu yang baik. Namun akhirnya ia menyelesaikan Q2 di urutan kelima.

Di menit dan putaran terakhir Q2, drama kembali terjadi. Martin sudah bekerja keras jadi yang tercepat, tapi ternyata dirinya masih terpaut 0,08 detik dari Bagnaia. Selain itu, ada nama Vinales yang tetiba berhasil menembus urutan tiga tercepat.

Puncak dramanya tak berhenti di situ. Di putaran terakhir, Marc Marquez terjatuh di tikungan ke-7 saat hendak menyalip Aleix Espargaro dari dalam.

Manuver ekstrem Mareuz ini membuat Espargaro sempat kesal karena tak bisa menyelesaikan lap dengan baik. Di sisi lain, crash-nya Marquez di menit akhir sesi Q2 membuatnya harus memulai Sprint Race dengan kondisi yang kurang prima.

Untuk hasil kualifikasi MotoGP Assen 2024 yang lebih lengkap, silakan simak di bawah ini:

1. Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP24)
2. Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP24)
3. Maverick Viñales SPA Aprilia Racing (RS-GP24)
4. Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP23)
5. Aleix Espargaro SPA Aprilia Racing (RS-GP24)
6. Fabio Di Giannantonio ITA VR46 Ducati (GP23)
7. Marc Marquez SPA Gresini Ducati (GP23)
8. Franco Morbidelli ITA Pramac Ducati (GP24)
9. Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
10. Pedro Acosta SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)
11. Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo (GP24)
12. Raul Fernandez SPA Trackhouse Aprilia (RS-GP23)
13. Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
14. Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)
15. Marco Bezzecchi ITA VR46 Ducati (GP23)
16. Alex Rins SPA Monster Yamaha (YZR-M1)
17. Miguel Oliveira POR Trackhouse Aprilia (RS-GP24)
18. Lorenzo Savadori ITA Aprilia Racing (RS-GP24)
19. Johann Zarco FRA LCR Honda (RC213V)
20. Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V)
21. Luca Marini ITA Repsol Honda (RC213V)
22. Augusto Fernandez SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)
23. Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)

(mhg/sfn)

Membagikan
Exit mobile version