Kamis, Mei 16

Cilegon

Situasi di Pelabuhan Merak, Banten masih ramai pemudik yang hendak balik menuju Jakarta dan sekitarnya. Peningkatan arus lalu lintas terjadi di pelabuhan maupun tol Merak.

Di Pelabuhan Merak, arus kendaraan yang turun dari kapal masih ramai pemudik. Tiap kapal yang melakukan bongkar muatan di Pelabuhan Merak usai berlayar dari Pelabuhan Bakauheni penuh dengan penumpang kendaraan pribadi maupun pejalan kaki.

Arus balik di Pelabuhan Merak masih terus terjadi sejak Sabtu (13/4) lalu. Kendati begitu, puncak arus balik sudah terjadi dari 2 hari lalu. Terjadi peningkatan arus kendaraan dari Bakauheni ke Merak.


Berdasarkan data PT ASDP Indonesia Ferry periode 14 April 2024 hingga pukul 23.59 WIB tercatat jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 31 unit kapal. Total penumpang mencapai 159.681 orang atau naik 43% dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 111.527 orang.

Kendaraan roda dua yang telah menyeberang mencapai 19.792 unit atau naik 79% dibandingkan realisasi tahun lalu mencapai 11.034 unit. Kendaraan roda empat mencapai 18.596 unit atau naik 36% dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 13.682 unit.

Total seluruh kendaraan tercatat 39.729 unit yang telah menyeberang dari Sumatera ke Jawa pada H+3, atau naik 53% dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 25.978 unit.

Sementara, situasi arus lalu lintas di tol Tangerang-Merak juga masih ramai pemudik yang melintas. Pemudik kendaraan pribadi tersebut mengarah ke Jakarta dan sekitarnya via tol Tangerang-Merak. Baik di gerbang tol Merak maupun Cikupa, kondisi arus lalu lintas ramai lancar.

“Gerbang Tol Cikupa merupakan salah satu titik penting yang menghubungkan Tangerang dengan Jakarta dan sekitarnya. Selama musim mudik dan arus balik Lebaran, volume kendaraan yang melintas di gerbang tol ini meningkat secara signifikan,” kata Kapolresta Tangerang, Kombes Baktiar Joko Mujiono, Senin (15/4/2024).

Baktiar mengatakan petugas kepolisian masih berjibaku mengatur arus lalu lintas di tol Tangerang-Merak. Pemudik diimbau tak memaksakan perjalanan jika merasa lelah. Pemudik bisa memanfaatkan rest area yang tersedia mulai dari Serang hingga Tangerang.

“Himbauan kepada masyarakat untuk tetap patuh terhadap aturan lalu lintas dan mengutamakan keselamatan dalam perjalanan pulang ke rumah,” katanya.

(bal/lir)

Membagikan
Exit mobile version