Kamis, Oktober 10

Jakarta

Hari Sumpah Pemuda adalah hari nasional yang diperingati setiap tahun pada tanggal 28 Oktober. Hari besar tersebut untuk memperingati lahirnya sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Tahun ini merupakan peringatan ke-96 Hari Sumpah Pemuda.

Biasanya, terdapat rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober. Lantas, Hari Sumpah Pemuda 2024 libur atau tidak? Simak informasi di bawah ini.

Berdasarkan ketetapan SKB 3 Menteri tentang Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024, tanggal 28 Oktober 2024 bukan termasuk libur nasional atau cuti bersama. Dengan demikian, peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 Tahun 2024 bukan termasuk libur nasional.


Mengapa Hari Sumpah Pemuda Jatuh pada 28 Oktober?

Mengutip dari situs Museum Sumpah Pemuda, Sumpah Pemuda lahir pada Kongres Pemuda Kedua tanggal 28 Oktober 1928. Saat itu, para pemuda menyelenggarakan rapat atau kongres pemuda yang diusulkan oleh Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI) yaitu organisasi pemuda yang beranggota pelajar dari seluruh Indonesia.

Sumpah Pemuda berasal dari Kongres Pemuda yang dilaksanakan dua kali, yaitu tanggal 27 Oktober dan 28 Oktober 1928. Berikut waktunya.

  1. Kongres Pertama (27 Oktober 1928)
    Kongres pertama tanggal 27 Oktober 1928 di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Lapangan Banteng. Rapat ini diharapkan dapat memperkuat semangat persatuan para pemuda.
  2. Kongres Kedua (28 Oktober 1928)
    Rapat kedua pada Minggu, 28 Oktober 1928 di Gedung Oost-Java Bioscoop. Kongres Kedua ini menghasilkan naskah Sumpah Pemuda dan menjadi dasar peringatan Hari Sumpah Pemuda setiap tanggal 28 Oktober.

Kongres Kedua melahirkan putusan berupan ikrar pemuda yang disebut Sumpah Pemuda. Ikrar Sumpah Pemuda dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928. Berikut bunyi Sumpah Pemuda.

  • Pertama: Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
  • Kedoea: Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
  • Ketiga: Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Lahirnya ikrar Sumpah Pemuda pada 28 Oktober menjadi latar belakang adanya Hari Sumpah Pemuda. Hingga kini, Hari Sumpah Pemuda selalu diperingati setiap tahun pada tanggal 28 Oktober.

Makna Naskah Sumpah Pemuda

Makna naskah Sumpah Pemuda adalah untuk membangkitkan kesadaran seluruh rakyat Indonesia sebagai bangsa yang satu. Persatuan bangsa Indonesia menjadikan perjuangan rakyat Indonesia semakin kuat, tidak lagi bersifat kedaerahan.

Organisasi pemuda awalnya berasal dari daerah yang berbeda-beda dengan perbedaan bahasa, agama, suku bangsa, adat istiadat dan budaya. Namun, dengan adanya Sumpah Pemuda membuat para pemuda bersatu dalam organisasi kepemudaan Indonesia.

Naskah Sumpah Pemuda menjadi pedoman bagi seluruh masyarakat Indonesia, terutama kaum pemuda untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa Indonesia.

Simak: Seruan Menpora Dito Ajak Anak Muda Beraksi untuk Pembangunan Indonesia

[Gambas:Video 20detik]

(kny/imk)

Membagikan
Exit mobile version