Sabtu, September 28


Jakarta

Yamaha NMax baru telah meluncur di Indonesia sejak dua pekan lalu. Skuter matik gambot tersebut punya varian khusus bernama ‘Turbo’ yang harganya mulai Rp 37 jutaan. Lantas, seberapa laris penjualan NMax Turbo di dalam negeri?

Sebagai catatan, Yamaha NMax Turbo tersedia dalam tiga varian berbeda, yakni Turbo Standard seharga Rp 37,7 juta, Turbo Tech Max senilai Rp 43,2 juta dan Turbo Tech Max Ultimate yang tembus Rp 45,2 juta. Seluruhnya berstatus on the road Jakarta.

Tak lama setelah meluncur, Yamaha membuka pemesanan online untuk 5 ribu unit NMax baru melalui platform BliBli. Sementara 40 persen dari jumlah tersebut atau sekira 2 ribu unitnya dialokasikan untuk varian Turbo.


Yamaha Nmax Turbo Foto: (Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto)

Hebatnya, 2 ribu unit NMax Turbo langsung ludes atau sold out dalam hitungan 24 jam. Hal itu membuktikan, konsumen Indonesia memburu model yang teknologinya lebih mutakhir.

“Dari 5 ribu unit itu kita alokasikan 40 persen untuk Turbo. Dan semuanya habis dalam waktu 24 jam. Ini luar biasa, artinya Turbo-series diminati. Kalau kuotanya lebih, saya yakin permintaannya juga lebih,” ujar Deputy GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro di Bogor, Jawa Barat.

Selain di platform BliBli, Yamaha NMax Turbo juga dijual secara offline melalui pameran Jakarta Fair Kemayoran di Jakarta Pusat. Namun, khusus untuk pemesanan tersebut, Anton belum bisa mengurai angkanya. Sebab, jumlahnya masih terus bertambah.

“Itu alokasi khusus untuk pemesanan online di Blibli. Kalau reguler order di diler atau PRJ itu beda lagi. Di luar Blibli kita open, jadi tidak dibatasi. Kalau di Blibli itu periodenya terbatas,” kata dia.

Mengenal Turbo di Motor Yamaha

Berbeda dengan turbo di mobil yang memanfaatkan gas buang, pada Yamaha NMax baru, akselerasi datang dari teknologi YECVT. Jadi ada bantuan motor listrik pada transmisinya untuk menggerakkan pulley depan dan menggantikan kinerja roller yang sudah ditinggalkan.

Pada Nmax Turbo ada Y-Shift yang mampu memberikan sensasi berkendara berbeda karena fungsinya mampu membantu pengendara melakukan akselerasi kecepatan secara instan layaknya Turbo dengan tiga tingkatan, yakni Low (1), Medium (2), dan High (3) sehingga cocok untuk mendahului kendaraan di depan dan melibas tanjakan.

Mengupas teknologi turbo di Yamaha Nmax baru. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

Berdasarkan pengetesan internal Yamaha, fitur Turbo ini bisa berakselerasi dari titik nol ke 100 meter bisa diraih dalam waktu 7,2 detik. Sedangkan Nmax versi sebelumnya memakan waktu 7,43 detik.

Nmax Turbo mampu berakselerasi lebih cepat untuk menempuh jarak 200 meter dibandingkan dengan NMAX generasi sebelumnya, dengan selisih jarak terpaut 9,2 meter.

Dengan penggunaan teknologi ini, maka Nmax Turbo telah memiliki fitur Riding Mode yang menawarkan dua opsi, yakni T-Mode (Town Commuting) dan juga S-Mode (Sport Touring) yang dapat dioperasikan melalui tombol “Mode” pada bagian depan stang.

T mode untuk commuting dan S mode untuk mode sport. Sedangkan T mode digunakan untuk di perkotaan, sedangkan S mode bisa digunakan untuk touring, jalan menanjak, berboncengan dan bermanuver untuk menyusul kendaraan lain.

(sfn/din)

Membagikan
Exit mobile version