Sabtu, Oktober 5


Jakarta

Xiaomi resmi mengumumkan harga mobil listrik Xiaomi SU7 di China. Kendaraan nonemisi berdesain sporty tersebut dibanderol mulai Rp 400 jutaan. Kapan unitnya masuk Indonesia?

Disitat dari Carnewschina, Xiaomi SU7 tersedia dalam tiga varian berbeda, yakni Standard, Max dan Pro. Kendaraan tersebut dikembangkan dari masukan-masukan dan ide-ide yang diberikan merek China lain, seperti Nio, Xpeng dan Li Auto.

“Mereka semua memberikan kami banyak masukan dalam beberapa tahun terakhir untuk menghindari jebakan di tengah proses pengembangan mobil,” ujar Chief Executive Office atau CEO Xiaomi, Lei Jun saat peluncuran produk, dikutip Sabtu (30/3).


Mobil listrik Xiaomi SU7. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Sebelumnya, ada dugaan mobil listrik pertama Xiaomi itu akan dibanderol di atas Rp 1 miliar. Namun, nyatanya jauh lebih murah dari nominal tersebut.

Pabrikan membanderol Xiaomi SU7 varian Standard seharga Rp 470 jutaan, varian Pro seharga Rp 540 jutaan dan Max yang berkisar Rp 660 jutaan. Kendaraan yang digadang-gadang akan menjadi penantang berat Tesla Model 3 itu dikirim ke konsumen setempat mulai bulan depan.

Lantas, adakah peluang unitnya masuk ke Indonesia? Sebab, pasar mobil listrik di dalam negeri belakangan makin semarak dengan kehadiran merek-merek baru asal China.

Associate Director Marketing Xiaomi Indonesia Stephanie Sicilia menegaskan, Xiaomi SU7 sementara memang dikhususkan untuk pasar domestik. Kini, pihaknya belum ada rencana menjualnya di Indonesia.

“Untuk saat ini SU7 tersedia di market domestik China. Tapi untuk ke depannya tidak menutup kemungkinan Xiaomi akan berupaya untuk ekspansi keluar tapi tidak ada timeline yang jelas untuk saat ini,” kata Stephanie saat peluncuran Xiaomi 14 di Jakarta, Selasa kemarin, dikutip detikFinance.

Xiaomi SU7. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Xiaomi SU7 merupakan mobil yang telah dikembangkan sejak 2020. Kendaraan tersebut dirancang khusus Li Tianyuan yang pernah mendesain mobil-mobil BMW seperti BMW i Vision Circular concept, BMW iX dan the new 7 series. Li dibantu James Qiu yang sebelumnya bekerja untuk Mercedes-Benz.

SU7 merupakan sedan sporty dengan sentuhan futuristis di sejumlah bagian. Sepintas, tampilan kendaraan itu seperti perpaduan antara Porsche Taycan Turbo dengan Tesla Model 3 dan S.

Xiaomi SU7 varian Standard dilengkapi baterai berkapasitas 73,6 kWh dan motor listrik 220 kW dengan torsi 400 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam waktu 5,28 detik dan kecepatan puncaknya 210 km/jam.

Sementara SU7 Pro yang menggendong baterai 94,3 kWh punya jarak tempuh maksimum 830 km. Namun, tenaga dan torsinya sama seperti varian Standard.

Kemudian yang terakhir ada SU7 Max yang menjadi varian paling bertenaga. Kendaraan tersebut dibekali motor listrik yang mampu memuntahkan tenaga 663 dk dan torsi 838 Nm. Sedangkan akselerasi 0-100 km/jam bisa tuntas dalam 2,7 detik. Baterainya mampu menempuh perjalanan sejauh 800 km.

Simak Video “Melihat Lebih Dekat Kegagahan Xiaomi SU7 di MWC Barcelona 2024
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/dry)

Membagikan
Exit mobile version