Kamis, Oktober 3


Jakarta

Jokowi akan mendapat mobil dinas setelah pensiun dari presiden. Berikut harga calon mobil dinas Jokowi itu.

Pensiunan presiden dan wakil presiden masih akan mendapat kendaraan dinas dari negara. Pemberian kendaraan dinas itu bukan tanpa alasan.


Pada pasal 8 Undang-undang (UU) nomor 7 tahun 1978 tentang Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden dijelaskan, dalam rangka pelaksanaan tugas kemasyarakatan karena kedudukan sebelumnya sebagai Presiden dan Wakil Presiden, maka bagi bekas presiden dan wakil presiden disediakan sebuah kendaraan bermotor milik negara beserta pengemudinya. Adapun biaya pemeliharaan kendaraan tersebut sekaligus gaji pengemudinya ditanggung oleh negara.

“Kepada bekas Presiden dan Bekas Wakil Presiden yang berhenti dengan hormat dari jabatannya masing-masing:
a. diberikan sebuah rumah kediaman yang layak dengan perlengkapannya
b. disediakan sebuah kendaraan milik Negara dengan pengemudinya,” demikian bunyi aturannya.

Soal model kendaraannya, dalam catatan detikOto, pensiunan presiden dan wakil presiden itu akan mendapat mobil yang setara untuk menteri dan pejabat setingkat menteri. Adalah Toyota Crown 2.5 HV G-Executive yang dipilih melalui mekanisme tender umum dengan menggunakan sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) atau online.

Kala itu, anggaran APBN 2019 sebesar Rp 152.540.300.000 disiapkan untuk penyediaan mobil menteri dan pejabat setingkat menteri. Hingga akhirnya terpilih PT Astra International Tbk-TSO sebagai pemenang untuk menyediakan 101 unit kendaraan Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid yang digunakan untuk para menteri anggota kabinet dan pejabat tinggi lainnya.

Mobil itu pada tahun 2019, ditaksir punya harga Rp 1,5 miliar. Harganya sudah termasuk pajak yang membebaninya. Bicara spesifikasi, Toyota Crown 2.5 HV G-Executive ini sudah ramah lingkungan. Untuk menemani para menteri hingga pensiunan presiden bertugas, Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid mengusung mesin berkode A25-FXS.

Mesin berkapasitas 2.487 cc Dynamic Force Engine itu bisa menyemburkan tenaga 184 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 221 Nm pada 3.800-5.400 rpm. Untuk tenaga listrik, Toyota Crown mengaplikasikan electric motor dengan power143 PS dan torsi 300 Nm sejak pedal gas diinjak. Menggunakan transmisi Electronically Controlled CVT, sedangkan baterai memakai jenis Nickel-metal Hydride (Ni-MH).

(dry/din)

Membagikan
Exit mobile version