Kamis, Oktober 17


Jakarta

Seporsi olahan iga biasanya dibanderol mahal, lebih dari Rp 30 ribuan. Namun iga bakar madu di sini masih dijual Rp 25 ribu sudah termasuk nasi. Dijamin puas!

Iga merupakan bagian daging sapi yang banyak disukai orang Indonesia. Biasanya disajikan dengan daging yang masih menempel di tulangnya. Olahannya bisa berkuah seperti sop dan asem-asem atau dibakar.

Iga bakar bahkan jadi menu primadona banyak rumah makan. Beberapa penjual juga menambahkan madu dalam racikannya sehingga manis legitnya lebih enak.


Menu iga bakar madu juga jadi andalan rumah makan di Jalan Panjaitan, Lumajang. Banyak pembeli tertarik mencicipi sajian di sini karena harganya juga terjangkau.

Untuk membuat menu iga bakar madu ini, pertama, daging iga sapi diungkep agar teksturnya empuk. Selanjutnya, haluskan bumbu bakar berupa cabai merah, bawang putih, kemiri, gula merah.

Iga bakar madu di Lumajang Foto: Nurhadi Wicaksono/detikJatim

Kemudian, bumbu yang sudah dihaluskan tersebut, dipanaskan di atas wajan. Selanjutnya, tambahkan kecap dan madu.

Berikutnya, daging iga di atas mesin pemanggang, diolesi dengan bumbu bakar hingga merata. Untuk hasil kematangan yang sempurna, daging iga dibakar menggunakan blow torch.

Setelah dibakar sekitar 10 menit, iga bakar madu siap untuk disajikan dengan tambahan bawang goreng di atasnya, serta daun kemangi.

“Untuk menu iga bakar madu ini spesialnya menggunakan tambahan madu dalam bumbu bakarnya sehingga menambah cita rasa,” ujar pemilik rumah makan, Aila kepada detikJatim, Selasa (15/10/2024).

Iga bakar madu ini memiliki tekstur yang empuk, gurih, dan nikmat. Tak heran, warung makan ini selalu ramai pembeli.

“Untuk rasa iga bakar madu ini enak banget daging iganya empuk serta bumbu bakarnya sedap dan meresap,” ujar salah satu pengunjung Yuni.

Menikmati seporsi iga bakar madu ini tak perlu merogoh kocek besar. detikers perlu menyiapkan uang Rp 25.000 saja, sudah termasuk nasi putih.

Artikel ini sudah tayang di detikjatim dengan judul “Empuk dan Gurih Iga Bakar Madu di Lumajang, Bikin Ngiler!”

(yms/adr)

Membagikan
Exit mobile version