Minggu, Oktober 6


Jakarta

Hajj Run 2024 akan digelar bulan November. Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) sebagai penyelenggara menargetkan 3.000 peserta.

Untuk event tahun ini masih digelar di Padang, Sumatera Barat, 3 November dan pendaftaran sudah dibuka sejak, Rabu (25/9/2024). Yang diperlombakan ada tiga kategori, yakni 10K Nasional (peserta umum), 10K Khusus (pelajar maksimal usia 18 tahun), dan 10K lokal (warga ber-KTP Padang).

Demi meramaikan acara tersebut, maka BPKH mengadakan Road to BPKH Hajj Run 2024″ di pedestrian FX Sudirman, Jakarta. Selain di Jakarta, event serupa juga berlangsung di Kota Padang, Sumatera Barat.

Acara ini dirancang untuk mengajak peserta CFD di kedua kota untuyk mengikuti BPKH Hajj Run di Padang 3 November.

Dengan mengedepankan prinsip istitho’ah (kesiapan fisik dan finansial), “Road To BPKH Hajj Run 2024” digelar untuk mengedukasi masyarakat tentang kesehatan fisik yang diperlukan untuk menunaikan ibadah haji, sekaligus memperkenalkan perencanaan keuangan haji yang lebih matang kepada generasi muda.


“Banyak jemaah gagal berangkat karena tidak memenuhi syarat kesehatan. Oleh karena itu melalui acara ini, BPKH mendorong peserta untuk mulai menjaga kesehatan fisik mereka. Salah satu cara yang diusung adalah memperkenalkan Senam Haji yang dipandu oleh Persatuan Dokter Haji Indonesia (Perdoki), yang dirancang khusus agar para calon jemaah haji dapat berlatih kebugaran fisik melalui gerakan senam yang mirip dengan aktivitas fisik saat haji, seperti berjalan kaki, melempar jumrah, dan gerakan sholat,” kata Anggota Badan Pelaksana BPKH, Harry Alexander, dalam rilis kepada detikSport.

Untuk tahun ini, BPKH menargetkan partisipasi lebih dari 3.000 orang. Sebagai perbandingan, BPKH Hajj Run 2023 berhasil menarik lebih dari 2.000 peserta dan meningkatkan jumlah pendaftar haji muda hingga 15 persen.

Sampai saat ini, lebih dari 500 peserta telah mendaftar, dan diyakini jumlahnya akan terus bertambah seiring berjalannya kampanye. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui aplikasi BPKH atau situs resmi BPKH Hajj Run.

“Melalui sinergi dengan mitra-mitra strategis, kami berharap dapat mendorong semakin banyak generasi muda untuk mulai merencanakan perjalanan haji mereka sejak dini,” lanjutnya.

(mrp/raw)

Membagikan
Exit mobile version