Selasa, Mei 14

Jakarta

Rockstar Games, pengembang seri Grand Theft Auto termasuk GTA 6, mewajibkan para pegawainya untuk kembali ke kantor mulai April mendatang. Apa penyebabnya?

Berdasarkan laporan terbaru Kotaku, pengembangan GTA 6 melambat dan jadwal perilisannya bisa mundur dari 2025 menjadi 2026. Kabar tertundanya GTA 6 ini kemudian diikuti peraturan baru yang ditetapkan Rockstar.

Yaitu pegawainya diwajibkan untuk bekerja dari kantor lima hari tiap minggunya. Mereka juga berencana meminta para pegawainya yang sejak awal bekerja secara remote untuk mulai bekerja dari kantor mulai April mendatang.


Langkah ini memunculkan spekulasi kalau Rockstar mau meningkatkan produktivitas karyawannya karena peluncuran GTA 6 itu tertunda, demikian dikutip detikINET dari Business Insider, Senin (25/3/2024).

Dalam keterangan resminya, head of publishing Rockstar Jenn Kolbe menyebut langkah WFO (work from office) tersebut dilakukan atas alasan produktivitas dan keamanan.

Seperti diketahui, hingga saat ini Rockstar memang sudah beberapa kali kebobolan terkait GTA 6, termasuk rekaman video GTA 6 yang beredar di TikTok, beberapa saat sebelum trailer resminya beredar, yang diduga berasal dari anak salah seorang pegawai Rockstar.

Terkait rencana WFO ini, sejumlah pegawai Rockstar menyebut mereka tak bisa lagi menggunakan Slack ataupun menggunakan berbagai aplikasi komunikasi untuk pekerjaan lain.

Para pegawai itu juga menakutkan langkah WFO ini merupakan taktik ‘quiet layoff’ yang dilakukan oleh Rockstar. Yaitu membuat sejumlah pegawai tak nyaman, atau bisa juga memaksa pegawai remote mengundurkan diri karena biaya untuk bekerja dari kantor yang terlalu tinggi.

“Jika itu dilakukan hingga (orang) tak bisa lagi bekerja secara efektif di perusahaan, maka mereka tak punya pilihan lain kecuali mengundurkan diri,” kata seorang pegawai yang dikutip Aftermath.

Sementara itu Kotaku menyebut Rockstar disebut masih meyakini GTA 6 bisa dirilis pada musim semi 2025. Namun tampaknya rencana tersebut akan sulit dipenuhi, dan rencana cadangannya adalah merilis GTA 6 pada tahun 2026.

Simak Video “ Rockstar Games Rilis Trailer GTA 6
[Gambas:Video 20detik]

(asj/fay)

Membagikan
Exit mobile version