Selasa, Oktober 15

Jakarta

Pencinta seri game Grand Theft Auto (GTA) tampaknya masih harus bersabar untuk menunggu GTA 6 dirilis.

Mantan pengembang Rockstar bernama Obbe Vermeij blak-blakan soal waktu peluncuran GTA 6. Menurutnya, Rockstar memang mengincar perilisan GTA 6 pada 2025, namun ada banyak faktor yang bisa mengubah waktu peluncuran tersebut.

Faktor paling penting yang menurut Vermeij bisa berdampak pada mundurnya tanggal peluncuran GTA 6 adalah keinginan Rockstar untuk memastikan GTA 6 sudah sempurna sebelum dirilis. Mereka tak akan merilis game tersebut sampai mereka puas, sekalipun itu berarti harus memundurkan tanggal peluncuran.


“Keputusan untuk menunda GTA 4 dibuat empat bulan sebelum tanggal peluncuran awal. Semakin ke sini semakin sulit untuk menentukan tanggal peluncuran. Rockstar mungkin tak bisa memastikan apakah mereka bisa mencapai target peluncuran pada sekitar Mei 2025,” kata Vermeij.

Sebagai informasi, Vermeij adalah figur kunci di Rockstar semasa masih aktif, yaitu menjadi technical director di pengembangan berbagai game ikonik seperti GTA 3 dan GTA 4.

Sekalipun sudah tak bekerja di Rockstar, ia masih memantau perkembangan di bekas tempat kerjanya itu, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Senin (14/10/2024).

Ia juga kemudian mengungkap alasan GTA 4 tertunda peluncurannya, yang menurutnya terjadi karena deretan kode yang bermasalah, durasi misi yang terlalu pendek, serta masalah performa GTA 4 di PS3. Yang disebutkan terakhir ini adalah alasan paling kuat penundaan tersebut.

Menurutnya, GTA 4 — pada target tanggal peluncuran awal — belum siap untuk dirilis. Jika game itu dipaksakan untuk dirilis, maka akan menjadi masalah sangat besar untuk Rockstar.

Sementara itu GTA 6 diperkirakan akan menjadi proyek yang lebih ambisius dibanding GTA 4. Ini artinya game tersebut perlu lebih banyak dipoles sebelum akhirnya siap dirilis. Tentunya, Rockstar tak akan bermasalah dengan hal ini karena mereka tak takut untuk menunda perilisan GTA 6.

“GTA 6 akan dijual hingga 10 tahun ke depan dan tak ada kompetitor yang perlu ditakutkan. Mereka tak akan merilis game itu sampai mereka 100% puas. Apa pun yang dikatakan di trailer tidak akan berpengaruh,” jelas Vermeij.

Salah satu masalah yang mungkin terjadi di GTA 6 adalah performanya di Xbox Series S, yang kemampuannya tak sekencang Xbox Series X ataupun PS5. Menurut Vermeij, GTA 6 idealnya harus lancar dimainkan di Series S dan X serta PS5 dengan frame rate 30fps, dan lebih mulus di PS5 Pro dengan 60fps.

Namun kemampuan pengolahan grafis Series S menurut Vermeij tak cukup kencang untuk memenuhi kondisi ideal tersebut, karena selisih performanya yang terpaut cukup jauh dengan Series X.

(asj/asj)

Membagikan
Exit mobile version